Pengaruh Kecerdasan Emosional, Lingkungan Keluarga, dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto

IRIANTI, Rizky Ayu (2019) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Lingkungan Keluarga, dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
COVER-Rizky Ayu Irianti-C1L015002-Skripsi-2019.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rizky Ayu Irianti-C1L015002-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rizky Ayu Irianti-C1L015002-Skripsi-2019.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Rizky Ayu Irianti-C1L015002-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Rizky Ayu Irianti-C1L015002-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Rizky Ayu Irianti-C1L015002-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Rizky Ayu Irianti-C1L015002-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Rizky Ayu Irianti-C1L015002-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rizky Ayu Irianti-C1L015002-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rizky Ayu Irianti-C1L015002-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Lingkungan Keluarga, dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto; (2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto; (3) pengaruh kinerja guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto dengan jumlah populasi sebanyak 249 siswa. Sampel penelitian ini adalah perwakilan setiap kelas dari masing-masing strata yang berjumlah 154 siswa. Teknik dalam menentukan sampel pada penelitian ini adalah teknik proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, asumsi klasik, koefisien determinasi, uji t, dan uji F. Berdasarkan penelitian dan analisis data diperoleh hasil: (1) Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto; (2) Lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto; (3) Kinerja guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto. Implikasi dari hasil dan kesimpulan diatas yaitu prestasi belajar akan meningkat apabila kecerdasan emosional, lingkungan keluarga, dan kinerja guru juga ditingkatkan. Namun demikian dalam penelitian ini, variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap prestasi belajar mertupakan variabel kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C19307
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Lingkungan Keluarga, dan Kinerja Guru
Subjects: C > C843 Cooperative learning
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:19
Last Modified: 14 Jan 2020 04:36
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3433

Actions (login required)

View Item View Item