Pengaruh Persepsi Siswa Atas Kompetensi Profesional Guru, Manajemen Kelas, dan Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto

DEWI, Rosiana (2019) Pengaruh Persepsi Siswa Atas Kompetensi Profesional Guru, Manajemen Kelas, dan Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
COVER-Rosiana Dewi-C1L015028-Skripsi--2019.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rosiana Dewi-C1L015028-Skripsi--2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rosiana Dewi-C1L015028-Skripsi--2019.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB I-Rosiana Dewi-C1L015028-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Rosiana Dewi-C1L015028-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Rosiana Dewi-C1L015028-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Rosiana Dewi-C1L015028-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Rosiana Dewi-C1L015028-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rosiana Dewi-C1L015028-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rosiana Dewi-C1L015028-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan judul “Pengaruh Persepsi Siswa atas Kompetensi Profesional Guru, Manajemen Kelas dan Fasilitas Belajar di Sekolah terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh persepsi siswa atas kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto; (2) pengaruh persepsi siswa atas manajemen kelas terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto; (3) pengaruh persepsi siswa atas fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto dengan jumlah populasi sebanyak 249 siswa. Sampel penelitian ini adalah perwakilan setiap kelas dari masing-masing strata yang berjumlah 154 siswa. Teknik dalam menentukan sampel pada penelitian ini adalah teknik proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, dan uji F. Berdasarkan penelitian dan analisis data diperoleh hasil: (1) Kompetensi profesional guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto; (2) Manajemen kelas berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto; (3) Fasilitas belajar di sekolah berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto. Implikasi dari hasil dari kesimpulan diatas yaitu sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto, sebaiknya guru meningkatkan kompetensi profesional dan manajemen kelas, serta pihak sekolah sebaiknya meningkatkan fasilitas belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C19308
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru, Manajemen Kelas, Fasilitas Belajar di Sekolah
Subjects: A > A19 Academic achievement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:33
Last Modified: 14 Jan 2020 04:33
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3434

Actions (login required)

View Item View Item