Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Personal Branding Agen Asuransi Mdrt Di Indonesia

GUNAWAN, Miming Saputra (2025) Personal Branding Agen Asuransi Mdrt Di Indonesia. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1-COVER_MIMING SAPUTRA GUNAWAN_F2C020002_TESIS_2025.pdf

Download (341kB)
[img] PDF (Legalitas)
2-LEGALITAS_MIMING SAPUTRA GUNAWAN_F2C020002_TESIS_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Abstrak)
3-ABSTRAK_MIMING SAPUTRA GUNAWAN_F2C020002_TESIS_2025.pdf

Download (196kB)
[img] PDF (BabI)
4-BAB I_MIMING SAPUTRA GUNAWAN_F2C020002_TESIS_2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 June 2026.

Download (246kB)
[img] PDF (BabII)
5-BAB II_MIMING SAPUTRA GUNAWAN_F2C020002_TESIS_2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 June 2026.

Download (531kB)
[img] PDF (BabIII)
6-BAB III_MIMING SAPUTRA GUNAWAN_F2C020002_TESIS_2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 June 2026.

Download (281kB)
[img] PDF (BabIV)
7-BAB IV_MIMING SAPUTRA GUNAWAN_F2C020002_TESIS_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
8-BAB V_MIMING SAPUTRA GUNAWAN_F2C020002_TESIS_2025.pdf

Download (263kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9-DAFTAR PUSTAKA_MIMING SAPUTRA GUNAWAN_F2C020002_TESIS_2025.pdf

Download (306kB)
[img] PDF (Lampiran)
10-LAMPIRAN_MIMING SAPUTRA GUNAWAN_F2C020002_TESIS_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan personal branding yang diterapkan oleh agen asuransi MDRT (Million Dollar Round Table) di Indonesia. Latar belakang penelitian didasarkan pada fenomena meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap asuransi pasca pandemi COVID-19, namun tidak sebanding dengan peningkatan kepemilikan polis, serta persepsi negatif terhadap profesi agen asuransi. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi dan deskriptif analitis, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan delapan agen MDRT dari berbagai perusahaan asuransi ternama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tujuh bentuk personal branding yang menonjol, yaitu: relasional, digital, edukatif, spiritual, komunitas, humanis, dan struktural-pedagogis. Faktor-faktor pembentuk personal branding mencakup latar belakang, nilai personal dan spiritualitas, strategi komunikasi, serta konsistensi pelayanan. Strategi yang digunakan meliputi edukasi publik, media sosial, pelayanan personal, hingga keterlibatan komunitas. Penelitian ini juga menghasilkan model konseptual tiga lapisan personal branding: fondasi kredibilitas, strategi komunikasi otentik, dan eksekusi branding. Hasil ini diharapkan dapat menjadi referensi praktis bagi agen dan perusahaan asuransi dalam membangun kredibilitas profesional dan memperkuat kepercayaan publik terhadap industri asuransi. Kata Kunci: personal branding, agen asuransi, MDRT, komunikasi pemasaran, strategi branding

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P225149
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: personal branding, agen asuransi, MDRT, komunikasi pemasaran, strategi branding
Subjects: I > I182 Insurance
P > P167 Personality
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr MIMING SAPUTRA GUNAWAN
Date Deposited: 04 Jun 2025 01:31
Last Modified: 04 Jun 2025 01:31
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34340

Actions (login required)

View Item View Item