Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Kinerja Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Santa Elisabeth Purwokerto

PRAYOGO, Anthon Wiyanto (2018) Kinerja Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Santa Elisabeth Purwokerto. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1 mcover.pdf

Download (610kB)
[img] PDF (Legalitas)
2 legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] PDF (Abstrak)
3 abstrak.pdf

Download (673kB)
[img] PDF (BabI)
4 bab1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img] PDF (BabII)
5 bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] PDF (BabIII)
6 bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] PDF (BabIV)
7 bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img] PDF (BabV)
8 bab5.pdf

Download (593kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9 dapus.pdf

Download (633kB)
[img] PDF (Lampiran)
10 lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penilaian konsumen terhadap pelayanan kesehatan dan harapan/keinginan pasien rawat inap di RS Santa Elisabeth (RSE). Penelitian ini menggunakan metode survei yang dianalisis dengan Importance Performance Analysis (IPA). Sebanyak 235 kuesioner responden dibagi dalam 2 kelompok yaitu Kelompok A (Kelas VIP dan Kelas I) dan Kelompok B (Kelas II dan Kelas III). Pada Kelompok A diperoleh 5 atribut yaitu : kamar mandi ruang perawatan pasien bersih, ruang perawatan nyaman, prosedur pelayanan di rumah sakit tidak berbelit-belit, jadwal pelayanan perawat dilaksanakan 24 jam dan dokter siap memberikan pelayanan setiap kali dibutuhkan pasien terletak pada Kuadran A dari matriks IPA/Diagram Kartesius sebagai prioritas utama yang harus diperbaiki oleh rumah sakit. Pada kelompok B diperoleh 7 atribut yaitu : kamar mandi ruang perawatan pasien bersih,ruang perawatan nyaman, jadwal pelayanan perawat dilaksanakan 24 jam, petugas kesehatan terampil dalam melaksanakan pekerjaannya, dokter siap memberikan pelayanan setiapkali dibutuhkan pasien, perawat cepat bertindak terhadap keluhan pasien selama perawatan dan perawat siap memberikan layanan setiapkali dibutuhkan pasien terletak pada Kuadran A dari matriks IPA/Diagram Kartesius sebagai prioritas utama yang harus diperbaiki oleh rumah sakit. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Rumah Sakit Santa Elisabeth Purwokerto memiliki kinerja baik untuk pelayanan rawat inap, masih diperlukan strategi kinerja yang harus dilaksanakan agar dapat meningkatkan BOR rumah sakit. Peneliti menyarankan kepada manajemen RS Elisabeth untuk membenahi sistem manajemen dan sistem tatakelola RS, melengkapi sarana prasarana fisik khususnya rawat inap, pengadaan dokter spesialis, meningkatkan kinerja dan perilaku tenaga kesehatan melalui pelatihan karakter, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tenaga kesehatan melalui wokshop, seminar sesuai kompetensi serta membenahi layanan administrasi yang cepat, transparan dan tidak terkesan menyulitkan konsumen melalui sistem komputerisasi/teknologi yang lebih canggih.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J > J59 Job satisfaction Performance Vocation
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen
Depositing User: Mr Fathu Rahman Rosyidi
Date Deposited: 15 Jul 2025 01:59
Last Modified: 15 Jul 2025 01:59
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34349

Actions (login required)

View Item View Item