Rachma, Mutiara (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Genially Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Ekonomi Kelas XI Di SMA Negeri 1 Patikraja. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Mutiara Rachma-C1L021039-Skripsi-2025.pdf Download (260kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Mutiara Rachma-C1L021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (813kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Mutiara Rachma-C1L021039-Skripsi-2025.pdf Download (303kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Mutiara Rachma-C1L021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 17 June 2026. Download (448kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Mutiara Rachma-C1L021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 17 June 2026. Download (890kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Mutiara Rachma-C1L021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 17 June 2026. Download (547kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Mutiara Rachma-C1L021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Mutiara Rachma-C1L021039-Skripsi-2025.pdf Download (331kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Mutiara Rachma-C1L021039-Skripsi-2025.pdf Download (295kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Mutiara Rachma-C1L021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Patikraja serta penggunaan media pembelajaran interaktif yang dapat memfasilitasi keterlibatan siswa secara aktif. Hasil pra penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran masih sering menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga siswa cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Genially berpengaruh terhadap hasil belajar dan motivasi belajar ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental dengan desain Non Equivalent Control Group yang dalam proses penelitiannya menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 139 siswa yang merupakan seluruh siswa yang mengambil mata pelajaran ekonomi pada tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling berdasarkan pada kriteria tertentu yang telah ditentukan. Oleh karena itu sampel dalam penelitian ini diperoleh sebanyak 52 responden yang terdiri dari 26 responden kelas XI 3 sebagai kelas kontrol dan 26 responden kelas XI 6 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan uji t, dengan menggunakan independent sample t-test diperoleh hasil: (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa di kelas eksperimen dan siswa di kelas kontrol. (2) terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa di kelas eksperimen dan siswa di kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana diperoleh hasil (3) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media Genially terhadap hasil belajar siswa (4) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media Genially terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Media Genially, Hasil Belajar, dan Motivasi Belajar
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25301 |
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Media Genially, Hasil Belajar, dan Motivasi Belajar |
| Subjects: | A > A19 Academic achievement M > M567 Motivation Psychology |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mrs MUTIARA RACHMA |
| Date Deposited: | 17 Jun 2025 03:07 |
| Last Modified: | 17 Jun 2025 03:07 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34458 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
