KUMALA, Lukita Intan (2025) Hubungan Kualitas Pelayanan Mobil Dental dengan Citra Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Lukita Intan Kumala-G1B021010-Skripsi-2025.pdf Download (117kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Lukita Intan Kumala-G1B021010-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Lukita Intan Kumala-G1B021010-Skripsi-2025.pdf Download (291kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Lukita Intan Kumala-G1B021010-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 18 June 2026. Download (237kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Lukita Intan Kumala-G1B021010-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 18 June 2026. Download (324kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Lukita Intan Kumala-G1B021010-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 18 June 2026. Download (459kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Lukita Intan Kumala-G1B021010-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Lukita Intan Kumala-G1B021010-Skripsi-2025.pdf Download (145kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Lukita Intan Kumala-G1B021010-Skripsi-2025.pdf Download (245kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Lukita Intan Kumala-G1B021010-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penurunan jumlah kunjungan pasien, penurunan tingkat kepuasan layanan rumah sakit, serta rendahnya pemanfaatan layanan oleh civitas akademik UNSOED menunjukkan adanya permasalahan citra yang dihadapi RSGMP UNSOED di mata masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan untuk membangun citra baik rumah sakit adalah dengan meluncurkan mobil dental yang berfungsi sebagai representasi RSGMP UNSOED di luar lingkungan rumah sakit. Kunci dalam membentuk citra yang baik terletak pada kualitas pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan mobil dental dengan citra RSGMP UNSOED. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross-sectional dan teknik total sampling. Sampel penelitian terdiri dari 53 responden yang merupakan pasien mobil dental periode Juli–Agustus 2024. Kualitas pelayanan mobil dental diukur berdasarkan lima dimensi SERVQUAL yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Citra RSGMP UNSOED diukur menggunakan tiga indikator yaitu kekuatan merek, kesukaan merek, dan keunikan merek. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis menggunakan uji chi-square, fisher’s exact test, dan regresi multinomial. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh dimensi kualitas pelayanan memiliki hubungan dengan citra RSGMP UNSOED, dengan p-value tangible (0,004), reliability (0,000), assurance (0,002), responsiveness (0,002), dan empathy (0,000) dengan empathy sebagai faktor yang paling dominan. Simpulan dari penelitian ini adalah adalah terdapat hubungan antara kualitas pelayanan mobil dental pada seluruh dimensi SERVQUAL dengan citra RSGMP UNSOED. Diharapkan RSGMP UNSOED dapat terus meningkatkan kualitas layanan mobil dental untuk mempertahankan dan memperkuat citra positif di masyarakat.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | G25126 |
| Uncontrolled Keywords: | Citra rumah sakit, kualitas pelayanan, mobil dental, RSGMP UNSOED |
| Subjects: | D > D98 Dental care H > H250 Hospitals S > S232 Services for |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter Gigi |
| Depositing User: | Mrs Lukita Intan Kumala |
| Date Deposited: | 18 Jun 2025 07:21 |
| Last Modified: | 18 Jun 2025 07:21 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34493 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
