ADITYAN, Rosi Dalma (2016) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Jasa Pengangkutan Dalam Hal Terjadi Kerugian Pada Pengiriman Barang Berdasarkan Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen di PT. Pahala Express Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Rosi Dalma Adityan-E1A009172-2016.pdf Download (530kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rosi Dalma Adityan-E1A009172-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rosi Dalma Adityan-E1A009172-2016.pdf Download (540kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-Rosi Dalma Adityan-E1A009172-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 1 July 2026. Download (558kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-Rosi Dalma Adityan-E1A009172-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 1 July 2026. Download (733kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-Rosi Dalma Adityan-E1A009172-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 1 July 2026. Download (546kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Rosi Dalma Adityan-E1A009172-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-Rosi Dalma Adityan-E1A009172-2016.pdf Download (540kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rosi Dalma Adityan-E1A009172-2016.pdf Download (526kB) |
Abstract
Peranan pengangkutan dalam dunia perdagangan bersifat mutlak. Dalam penyelenggaraan pengangkutan terdapat 2 (dua) kepentingan yang saling berbenturan yaitu kepentingan konsumen selaku pengguna jasa dan kepentingan pelaku usaha sebagai penyedia jasa. Berkaitan dengan pengangkutan pengiriman barang, permasalahan yang sering timbul mengenai kualitas jasa yang kurang baik , misalnya keterlambatan dan kehilangan atas suatu barang. PT. Pahala Express Purwokerto merupakan salah satu badan penyelenggara pengangkutan barang yang tidak terlepas dari permasalahan. Seperti skripsi yang peneliti susun dengan judul Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Jasa Pengangkutan Dalam Hal Kerugian Pada Pengiriman Barang Berdasarkan Undang–Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen di PT. Pahala Express Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan (Statute Approach) yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini menggunakan data sekunder dari bahan kepustakaan yang didukung dengan data primer dari hasil wawancara. Data diuraikan dalam bentuk teks naratif secara sistematis. Metode analisis data yang digunakan adalah metode normatif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa PT. Pahala Express Purwokerto belum memberikan perlindungan hukum dalam hal keterlambatan pengiriman barang berdasarkan Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. PT. Pahala Express sudah memberikan perlindungan hukum dalam hal terjadi kerugian atas hilangnya suatu barang berdasarkan Undang –Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Pelindungan Konsumen akan tetapi belum memenuhi asas itikad baik.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | E16026 |
| Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Konsumen, Pengangkutan Barang, PT. Pahala Express |
| Subjects: | C > C792 Consumer protection |
| Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
| Depositing User: | Mrs Endah Yuni Astuti |
| Date Deposited: | 01 Jul 2025 07:31 |
| Last Modified: | 01 Jul 2025 07:31 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34670 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
