DRAJAT, Bobby Prayogo (2016) Analisis Yuridis Terhadap Putusan Majelis Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Cirebon Nomor 002/BPSK/II/2015 Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Bobby Prayogo Drajat E1A111018-2016.pdf Download (531kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Bobby Prayogo Drajat E1A111018-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Bobby Prayogo Drajat E1A111018-2016.pdf Download (558kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-Bobby Prayogo Drajat E1A111018-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 3 July 2026. Download (571kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-Bobby Prayogo Drajat E1A111018-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 3 July 2026. Download (687kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-Bobby Prayogo Drajat E1A111018-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 3 July 2026. Download (553kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Bobby Prayogo Drajat E1A111018-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-Bobby Prayogo Drajat E1A111018-2016.pdf Download (547kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Bobby Prayogo Drajat E1A111018-2016.pdf Download (553kB) |
Abstract
Penyelesaian sengketa konsumen yang berkaitan dengan Sewa Guna Usaha (Leasing) antara penerima sewa sebagai konsumen dengan pemberi sewa sebagai pelaku usaha dalam putusan Majelis Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Cirebon Nomor 002/BPSK/II/2015. Pada awalannya konsumen telah melakukan perjanjian mengenai kesepakatan kontrak dengan pelaku usaha. dalam pembayaran kredit tersebut konsumen mengalami kepailitan akan tetapi pihak pelaku usaha secara sepihak mengambil mobil tanpa adanya rekomendasi terlebih dahulu. Dengan pengambilan mobil secara sepihak konsumen merasa haknya dilanggar. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah metode pendekatan yuridis normatif, yaitu penelitian-penelitian atas hukum yang dikonsepsikan dan dikembangkan atas dasar doktrin, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah normatif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kabupaten Cirebon. Penyelesaian sengketa yang dilakukan oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Cirebon dalam Putusan Nomor 002/BPSK/II/2015 adalah melalui cara mediasi sebagaimana ditentukan dalam Pasal 3, 4, dan 5 angka 2 Surat Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan No. 350/MPP/Kep/12/2001 tentang Pelaksanaan Tugas Dan Wewenang Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Menteri Perindustrian Dan Perdagangan Republik Indonesia.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | E16037 |
| Uncontrolled Keywords: | Penyelesaian Sengketa, Konsumen, Perlindungan Konsumen |
| Subjects: | C > C792 Consumer protection |
| Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
| Depositing User: | Mrs Endah Yuni Astuti |
| Date Deposited: | 03 Jul 2025 04:06 |
| Last Modified: | 03 Jul 2025 04:06 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34698 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
