WICAKSONO, Arian Ghani (2016) Tanggungjawab Hukum PT.Elteha International Purwokerto Sebagai Pelaku Usaha Angkutan Multimoda terhadap Layanan Paket yang Merugikan Konsumen Ditinjau dari Pasal 7 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-ARIAN GHANI W -E1A010090-2016.pdf Download (979kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-ARIAN GHANI W -E1A010090-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-ARIAN GHANI W -E1A010090-2016.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-ARIAN GHANI W -E1A010090-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 9 July 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-ARIAN GHANI W -E1A010090-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 9 July 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-ARIAN GHANI W -E1A010090-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 9 July 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-ARIAN GHANI W -E1A010090-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-ARIAN GHANI W -E1A010090-2016.pdf Download (972kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-ARIAN GHANI W -E1A010090-2016.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sistem transportasi berperan sebagai penunjang, pendorong dan penggerak bagi pertumbuhan daerah yang memiliki potensi namun belum berkembang secara maksimal, karena peran pengangkutan sangat vital, maka konsumen perlu mendapatkan perlindunganhukum. Pada Pasal 7 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen mengatur tentang Kewajiban Pelaku Usaha, Kewajiban Pelaku Usaha adalah beritikad baik dalam melakukan kegiatan usahanya dan memberi kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian apabila barang dan/atau jasa yang diterima atau dimanfaatkan tidak sesuaidenganperjanjian. Berdasarkan Pasal 1 angka (4) Peraturan Menteri Nomor 8 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Angkutan Multimoda dan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2011 tentang Angkutan Multimoda, PT. Elteha International Purwokerto merupakan perusahaan Angkutan Multimoda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk tanggung jawab hukum dari PT.Elteha International Purwokerto terhadap layanan paket yang merugikan konsumen ditinjau dari Pasal 7 Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, Metode penelitian yang dipakai adalah Normatif Kualitatif dan spesifikasi penelitian adalah Deskriptif. Metode pengumpulan data dengan carastudikepustakaandanmetodeanalisadatamenggunakanNormatifKualitatif PT. Elteha International Purwokerto sudah melaksanakan Pasal 7 huruf (f) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Pasal 193 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta Pasal 14 Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2011 Tentang Angkutan Multimoda. Namun belum bisa dikatakan memenuhi asas itikad baik seperti yang diatur dalam Pasal 7 huruf (a) dan Pasal 19 ayat (2) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan konsumen yang mengharapkan pengembalian barang yang sejenis atau uangyangnilainya sebandingdenganbarangyanghilang.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | E16109 |
| Uncontrolled Keywords: | Tanggung Jawab Hukum, Perlindungan Konsumen, PT. Elteha International Purwokerto |
| Subjects: | C > C792 Consumer protection |
| Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
| Depositing User: | Mrs Endah Yuni Astuti |
| Date Deposited: | 09 Jul 2025 08:16 |
| Last Modified: | 09 Jul 2025 08:16 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34783 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
