ASTUTI, Selvy Diah (2025) Pengaruh Edukasi melalui Media Flipbook Digital terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Stimulasi Janin pada Ibu Hamil. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER_SELVY DIAH ASTUTI_I1B021030-FIKES_2025.pdf Download (293kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_SELVY DIAH ASTUTI_I1B021030-FIKES_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_SELVY DIAH ASTUTI_I1B021030-FIKES_2025.pdf Download (236kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I_SELVY DIAH ASTUTI_I1B021030-FIKES_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II_SELVY DIAH ASTUTI_I1B021030-FIKES_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III_SELVY DIAH ASTUTI_I1B021030-FIKES_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV_SELVY DIAH ASTUTI_I1B021030-FIKES_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V_SELVY DIAH ASTUTI_I1B021030-FIKES_2025.pdf Download (344kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_SELVY DIAH ASTUTI_I1B021030-FIKES_2025.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_SELVY DIAH ASTUTI_I1B021030-FIKES_2025 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Banyak orangtua beranggapan bahwa stimulasi perkembangan anak baru bisa dilakukan setelah lahir, padahal sudah bisa diberikan sejak dalam kandungan melalui program Brain Booster yang dapat mendukung tumbuh kembang anak selama 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Namun, mayoritas ibu hamil belum pernah melakukan stimulasi janin karena kurangnya pengetahuan, rendahnya tingkat pendidikan, dan status primipara sehingga edukasi menjadi langkah penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi melalui media flipbook digital terhadap pengetahuan dan keterampilan stimulasi janin pada ibu hamil Penelitian ini menggunakan quasi experimental design with pretest-postest kontrol group. Teknik sampling menggunakan consecutive sampling terhadap 26 sampel kelompok intervensi dan 26 sampel kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi flipbook digital, kuesioner pengetahuan stimulasi janin dan checklist keterampilan stimulasi janin. Analisa data menggunakan uji fisher’s exact, marginal homogeneity, wilcoxon signed rank dan mcnemar. Mayoritas responden termasuk usia tidak berisiko (87,5%), trimester II (54,2%), multigravida (66,7%), berpendidikan SMA/Sederajat (56,3%), belum terpapar informasi (56,3%), dan internet/media sosial sebagai sumber informasi terbanyak (31,3%). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan posttest antara kelompok intervensi dan kontrol terkait pengetahuan (p = 0,022) dan keterampilan (p = 0,000) stimulasi janin pada ibu hamil Edukasi melalui media flipbook digital berpengaruh meningkatkan pengetahuan dan keterampilan stimulasi janin pada ibu hamil.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | I25277 |
| Uncontrolled Keywords: | Edukasi, Pengetahuan, Keterampilan, Stimulasi Janin |
| Subjects: | H > H54 Health education Health |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
| Depositing User: | Mrs. Selvy Diah Astuti |
| Date Deposited: | 11 Jul 2025 01:32 |
| Last Modified: | 11 Jul 2025 01:32 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34798 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
