KHAIRUNNISA, Naura Fadhilah (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Baturraden. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER_Skripsi_Naura Fadhilah Khairunnisa_C1L021032_2025.pdf Download (20kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Naura Fadhilah Khairunnisa_C1L021032_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Skripsi_Naura Fadhilah Khairunnisa_C1L021032_2025.pdf Download (153kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I_Skripsi_Naura Fadhilah Khairunnisa_C1L021032_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 15 July 2026. Download (510kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II_Skripsi_Naura Fadhilah Khairunnisa_C1L021032_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 15 July 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III_Skripsi_Naura Fadhilah Khairunnisa_C1L021032_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 15 July 2026. Download (751kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV_Skripsi_Naura Fadhilah Khairunnisa_C1L021032_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (785kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V_Skripsi_Naura Fadhilah Khairunnisa_C1L021032_2025.pdf Download (102kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Skripsi_Naura Fadhilah Khairunnisa_C1L021032_2025.pdf Download (488kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Skripsi_Naura Fadhilah Khairunnisa_C1L021032_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan terhadap peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Baturraden pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi. Hal ini terlihat dari minimnya partisipasi aktif peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung, seperti kurangnya keterlibatan dalam diskusi, rendahnya antusiasme menjawab pertanyaan pendidik, serta kecenderungan peserta didik untuk pasif saat kegiatan kelompok. Selain itu, berdasarkan data awal yang diperoleh, banyak peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), yang menunjukkan bahwa hasil belajar mereka masih berada di bawah standar ketuntasan yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan dan hasil belajar peserta didik antara yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Wordwall dan yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design, yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Baturraden yang mendapat mata pelajaran ekonomi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan total 72 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan keaktifan antara peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Wordwall dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional. Keaktifan peserta didik dalam kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang ditunjukkan melalui hasil analisis lembar observasi keaktifan selama proses pembelajaran berlangsung. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Wordwall dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa sekolah diharapkan dapat memfasilitasi pelatihan bagi pendidik untuk mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik serta mendukung prinsip kurikulum merdeka, seperti model Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Wordwall. Pendidik juga diharapkan mampu melakukan inovasi dan variasi dalam pembelajaran agar suasana belajar menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Selain itu, peserta didik diharapkan lebih aktif dan mandiri dalam proses belajar, dengan mempersiapkan diri melalui berbagai sumber agar dapat berpartisipasi secara optimal dalam kegiatan kelompok dan permainan edukatif.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25342 |
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Team Games Tournament (TGT), Wordwall, Keaktifan Belajar, Hasil belajar |
| Subjects: | A > A19 Academic achievement |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mrs Naura Fadhilah Khairunnisa |
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 07:27 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 07:27 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34893 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
