ARIANDINI, Aolifa Nur (2019) Analisis Sistem Antrian pada Pelayanan Poli Umum Puskesmas Karanglewas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Aolifia Nur Ariandini-C1B015060-Skripsi-2019.pdf Download (24kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Aolifia Nur Ariandini-C1B015060-Skipsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Aolifia Nur Ariandini-C1B015060-Skripsi-2019.pdf (1).pdf Download (199kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Aolifia Nur Ariandini-C1B015060-Skripsi-FEB-2019.pdf (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
PDF (BabII)
BAB-II-Aolifia Nur Ariandini-C1B015060-Skripsi-FEB-2019..pdf (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
||
PDF (BabIII)
BAB-III-Aolifia Nur Ariandini-C1B015060-Skripsi-FEB-2019..pdf (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
||
PDF (BabIV)
BAB-IV-Aolifia Nur Ariandini-C1B015060-Skripsi-FEB-2019..pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) |
||
PDF (BabV)
BAB-V-Aolifia Nur Ariandini-C1B015060-Skripsi-FEB-2019..pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Aolifia Nur Ariandini-C1B015060-Skripsi-2019.pdf Download (106kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Aolifia Nur Ariandini-C1B015060-Skripsi-FEB.2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
Abstract
Puskesmas merupakan sarana pelayanan kesehatan yang bertanggungjawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan, salah satunya di wilayah Kecamatan Karanglewas. Pada Puskesmas karanglewas terdapat suatu permasalah dimana para pasien yang datang harus menunggu cukup lama untuk mendapatkan suatu pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui tingkat optimalisasi jumlah fasilitas pelayanan pada poli umum, 2) mengetahui perbedaan biaya antara total biaya pada fasilitas sesungguhnya dengan total biaya pada fasilitas yang optimal. Penelitian ini dilaksanakan pada Puskesmas Karanglewas selama 12 hari pengamatan yaitu, tanggal 24 April – 08 Mei 2019. Struktur antrian pada penelitian ini ada Single Chanel Multi Phase dimana terdapat lebih dari satu pelayanan yang dilakukan secara berurutan dalam beberapa tahap. Metode analisis data yang digunakan adalah menghitung waktu rata-rata, menghitung jumlah fasilitas pelayanan yang optimal, dan menghitung biaya total. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan 1 loket pendaftaran dan 1 poli umum dirasa belum optimal, jumlah fasilitas yang optimal yaitu sebanyak 3, yang dibuktikan dengan perhitungan 0,045 ≤ 0,808 ≤ 0,887. Puskesmas perlu menambah 2 fasilitas pelayanan lagi agar dapat mengurangi adanya waktu tunggu. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara total biaya pada fasilitas sesungguhnya (Rp 24.773) dengan total biaya pada jumlah fasilitas yang optimal (Rp 24.682).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C19351 |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Antrian,Pelayanan,Puskesmas |
Subjects: | C > C432 Civil service |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Mr Supriyana Supriyana |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 04:47 |
Last Modified: | 11 Dec 2021 12:57 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3491 |
Actions (login required)
View Item |