ASTUTI, Sabrina Widya (2016) Perlindungan Hukum terhadap Nasabah Pengguna Jasa Lembaga Pegadaian di Kabupaten Indramayu. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Sabrina Widya Astuti E1A012047 -2016.pdf Download (602kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Sabrina Widya Astuti E1A012047 -2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Sabrina Widya Astuti E1A012047 -2016.pdf Download (754kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-Sabrina Widya Astuti E1A012047 -2016.pdf Restricted to Repository staff only until 17 July 2026. Download (630kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-Sabrina Widya Astuti E1A012047 -2016.pdf Restricted to Repository staff only until 17 July 2026. Download (864kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-Sabrina Widya Astuti E1A012047 -2016.pdf Restricted to Repository staff only until 17 July 2026. Download (619kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Sabrina Widya Astuti E1A012047 -2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (846kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-Sabrina Widya Astuti E1A012047 -2016.pdf Download (606kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Sabrina Widya Astuti E1A012047 -2016.pdf Download (609kB) |
Abstract
Lembaga Pegadaian menjadi satu-satunya lembaga yang memberikan jasa pemberian pinjaman kepada masyarakat dengan sistem gadai dan mempunyai Visi untuk membantu masyarakat dalam hal keuangan. Lembaga Pegadaian merupakan BUMN yang memberikan jasa gadai kepada masyarakat, di mana jasa Pegadaian ini berorientasi pada jaminan, yang berguna untuk mengatasi agar masyarakat yang membutuhkan uang tidak jatuh ke tangan para pelepas uang atau tukang ijon atau tukang rentenir yang bunganya relatif tinggi. Tingginya animo masyarakat terhadap lembaga pegadaian, sayangnya tidak disertai dengan perlindungan hukum yang mumpuni, di PT Pegadaian (Persero) cabang Jatibarang Kabupaten Indramayu sendiri pernah terjadi kasus dimana nasabah komplain mengenai kerusakan barang jaminan, hal tersebut berpotensi menimbulkan suatu kerugian terhadap nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perlindungan Hukum terhadap Nasabah Pengguna Jasa Lembaga Pegadaian khususnya dalam Hal kenyamanan dan kemanan serta ganti kerugian di Lembaga Pegadaian cabang Jatibarang Kabupaten Indramayu. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan (Statute Approach) yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini menggunakan data sekunder dari bahan kepustakaan yang didukung dengan data primer dari hasil wawancara. Data diuraikan dalam bentuk teks naratif secara sistematis. Metode anailisis yang digunakan adalah metode normatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlindungan hukum yang berkaitan dengan kemanan dan kenyaman serta ganti kerugian nasabah telah di berikan oleh PT Pegadaian (Persero). Bentuk perlindungan hukum tersebut terdiri dari Asuransi barang jaminan nasabah, pensegelan barang jaminan, pengecekan barang jaminan, adanya peningkatan sarana dan prasarana yang dilakukan oleh PT Pegadaian (Persero) baik peningkatan secara fasilitas maupun kualitas pegawai. Sistem pengaduan pelanggaran oleh Nasabah dapat melalui berbagai sarana salah satunya adalah Whistle Blowing System.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | E16129 |
| Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Hukum , Lembaga Pegadaian |
| Subjects: | L > L106 Legal aid |
| Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
| Depositing User: | Mrs Endah Yuni Astuti |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 09:01 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 09:01 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34939 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
