Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Creating Bilingual E-brochure for Public Service at The Department of Social Affairs and Community and Village Empowerment Banyumas

SIRWANGI, Elsa Andin Putri (2025) Creating Bilingual E-brochure for Public Service at The Department of Social Affairs and Community and Village Empowerment Banyumas. Diploma thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1. COVER-Elsa Andin Putri Sirwangi-J0A022018-Tugas Akhir-2025.pdf

Download (351kB)
[img] PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-Elsa Andin Putri Sirwangi-J0A022018-Tugas Akhir-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Elsa Andin Putri Sirwangi-J0A022018-Tugas Akhir-2025.pdf

Download (500kB)
[img] PDF (BabI)
4. BAB I-Elsa Andin Putri Sirwangi-J0A022018-Tugas Akhir-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2026.

Download (498kB)
[img] PDF (BabII)
5. BAB II-Elsa Andin Putri Sirwangi-J0A022018-Tugas Akhir-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2026.

Download (495kB)
[img] PDF (BabIII)
6. BAB III-Elsa Andin Putri Sirwangi-J0A022018-Tugas Akhir-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2026.

Download (461kB)
[img] PDF (BabIV)
7. BAB IV-Elsa Andin Putri Sirwangi-J0A022018-Tugas Akhir-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
8. BAB V-Elsa Andin Putri Sirwangi-J0A022018-Tugas Akhir-2025.pdf

Download (453kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-Elsa Andin Putri Sirwangi-J0A022018-Tugas Akhir-2025 (1).pdf

Download (571kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Elsa Andin Putri Sirwangi-J0A022018-Tugas Akhir-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Laporan praktik kerja ini berjudul “Creating Bilingual E-brochure for Public Service at The Department Social Affairs and Community and Village Empowerment Banyumas”. Praktek kerja ini dilaksankan pada tanggal 13 Agustus hingga 31 Desember 2024 di Dinsospermasdes Banyumas. Studi ini menekankan pentingnya layanan departemen dalam meningkatkan efisiensi komunikasi dan mendorong tindakan optimal kepada masyarakat dan komunitas. Tujuannya adalah untuk membuat brosur informatif berdasarkan layanan publik dan informasi untuk promosi, membedakannya dari brosur tradisional yang menyebabkan ketegangan dan kerusakan lingkungan. Terdapat tiga metode yang digunakan dalam membuat e-brosur yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan observasi penulis wawasan tentang kualitas dan efektivitas pelayanan publik di Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, membantu menciptakan e-brochure yang efektif. Dalam wawancara, penulis mengajukan berbagai pertanyaan mengenai layanan publik dan prosedur yang terlibat dalam pembuatan e-brosur dan brosur sebagai media yang diperlukan untuk penyebaran informasi yang luas. Dalam metode dokumentasi penulis mengumpulkan arsip dan foto untuk pendukung visual dalam e-brochure. Penulis menghadapi tiga tantangan utama: manajemen waktu, keterbatasan koordinasi dari staf humas, dan kurangnya pengalaman menggunakan Canva. Untuk mengatasinya, diterapkan penjadwalan fleksibel, pencarian referensi desain, serta pengembangan keterampilan Canva melalui penelusuran mandiri dan tutorial daring. Solusi tersebut memungkinkan penulis untuk mengumpulkan informasi dan mengedit brosur secara efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Nomor Inventaris: D325053
Uncontrolled Keywords: e-brosur; layanan publik; dua bahasa
Subjects: E > E165 Electronic books
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > D3 Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs Elsa Andin Putri Sirwangi
Date Deposited: 24 Jul 2025 06:55
Last Modified: 25 Jul 2025 08:32
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35065

Actions (login required)

View Item View Item