Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Implementasi Strategi Kampanye Gastrodiplomasi Taiwan Melalui Bubble Tea Tahun 2019-2023

AMELIA, Santhy Warni (2025) Analisis Implementasi Strategi Kampanye Gastrodiplomasi Taiwan Melalui Bubble Tea Tahun 2019-2023. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-SANTHY WARNI AMELIA-F1F021011-SKRIPSI-2025.pdf

Download (282kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-SANTHY WARNI AMELIA-F1F021011-SKRIPSI-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-SANTHY WARNI AMELIA-F1F021011-SKRIPSI-2025.pdf

Download (294kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-SANTHY WARNI AMELIA-F1F021011-SKRIPSI-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2026.

Download (389kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-SANTHY WARNI AMELIA-F1F021011-SKRIPSI-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2026.

Download (544kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-SANTHY WARNI AMELIA-F1F021011-SKRIPSI-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-SANTHY WARNI AMELIA-F1F021011-SKRIPSI-2O25.pdf

Download (299kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-SANTHY WARNI AMELIA-F1F021011-SKRIPSI-2025.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis implementasi strategi kampanye gastrodiplomasi yang dilakukan Pemerintah Taiwan melalui bubble tea pada tahun 2019-2023. Di tengah keterbatasan pengakuan diplomatik akibat kebijakan One China Policy, Taiwan memanfaatkan bubble tea, sebuah inovasi produk kuliner kontemporer yang mendunia sebagai instrumen gastrodiplomasi untuk menjadi media non-konfrontatif untuk memperkuat eksistensi globalnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana implementasi strategi kampanye gastrodiplomasi Pemerintah Taiwan melalui bubble tea pada tahun 2019-2023?. Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data sekunder, analisis dilakukan melalui kerangka konseptual enam strategi kampanye gastrodiplomasi Juyan Zhang (2015), yakni the product marketing strategy, the food events strategy, the coalition building strategy, the use of opinion leaders strategy, the media relations strategy dan the education strategy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye ini tidak dijalankan melalui strategi tunggal, melainkan sebagai ekosistem strategi yang sinergis, terpadu, dan adaptif. Implementasi kampanye gastrodiplomasi ini juga bersifat partisipatif dengan melibatkan aktor negara dan non-negara, kreatif (penggunaan food truck dan gamifikasi) serta adaptif dengan beralih ke platform digital selama pandemi COVID-19. Hampir seluruh strategi kampanye gastrodiplomasi Juyan Zhang diimplementasikan secara komprehensif kecuali aspek pertama dari strategi education (pelatihan dan pemberian sertifikasi kepada koki yang akan bekerja di luar negeri untuk menjamin kualitas kuliner tetap terjaga) yang belum ditemukan bukti implementasi konkretnya selama periode penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F25269
Uncontrolled Keywords: Gastrodiplomasi, Diplomasi Publik, Bubble Tea, Taiwan, Strategi Kampanye
Subjects: C > C33 Campaigns
I > I240 International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: Mrs. Santhy Warni Amelia
Date Deposited: 25 Jul 2025 02:03
Last Modified: 25 Jul 2025 07:21
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35093

Actions (login required)

View Item View Item