WULANDHANI, Nurul (2025) Analisis Dinamika Opini Publik tentang Regulasi E-Commerce pada Aplikasi TikTok. Masters thesis, Univeresitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1-COVER-NURUL WULANDHANI-F2A023024-TESIS-2025.pdf Download (156kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2-LEGALITAS-NURUL WULANDHANI-F2A023024-TESIS-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
|
PDF (Abstak)
3-ABSTRAK-NURUL WULANDHANI-F2A023024-TESIS-2025.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (BabI)
4-BAB I-NURUL WULANDHANI-F2A023024-TESIS-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 8 August 2026. Download (310kB) |
|
|
PDF (BabII)
5-BAB II-NURUL WULANDHANI-F2A023024-TESIS-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 8 August 2026. Download (4MB) |
|
|
PDF (BabIII)
6-BAB III-NURUL WULANDHANI-F2A023024-TESIS-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 8 August 2026. Download (350kB) |
|
|
PDF (BabIV)
7-BAB IV-NURUL WULANDHANI-F2A023024-TESIS-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) |
|
|
PDF (BabV)
8-BAB V-NURUL WULANDHANI-F2A023024-TESIS-2025.pdf Download (197kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
9-DAFTAR PUSTAKA-NURUL WULANDHANI-F2A023024-TESIS-2025.pdf Download (322kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10-LAMPIRAN-NURUL WULANDHANI-F2A023024-TESIS-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (738kB) |
Abstract
Tiktok muncul dalam perdagangan online di Indonesia menimbulkan isu terkait ijin Tiktok, isu predatory pricing dan dominasi barang impor. Hal ini menimbulkan gejolak protes dari pedagang tradisional seperti di Pasar Tanah Abang. Pemerintah meresepon dengan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 31 Tahun 2023 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PSME) mengatur pemisahan aktivitas jual beli langsung di media sosial untuk melindungi ekosistem perdagangan digital nasional. Setelah penerapan regulasi tersebut diperlukan evaluasi melalui kacamata publik apakah kebutuhan masyarakat khusunya pelaku usaha telah terpenuhi dengan adanya regulasi ini. Opini publik dalam ruang digital dapat digambarkan melalui analisis sentimen dari komentar yang ada di media sosial dalam hal ini adalah Tiktok. Sentimen analisis dinilai dari ungkapan kata, ekspresi, sarkastik, makna kalimat, dan emoji yang dituangkan dalam bentuk bahasa tulis dipostingan media sosial. Penelitian ini melihat dinamika opini publik sebelum dan sesudah penerapan regulasi e-commerce di Indonesia melalui aplikasi Tiktok, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sebanyak 1.000 komentar dari akun influencer maupun non-influencer, dengan analisa deskriptif dengan rata- rata dan analisis t-test. Penelitian ini dilakukan dalam dua periode sebelum dan sesudah penerapan untuk melihat dinamika opini publik yang berkembang di masyarakat khususnya di aplikasi Tiktok. Hasil penelitian menunjukkan periode sebelum kebijakan opini publik cenderung positif (rata-rata skor sentimen 0,104), dengan komentar yang mendukung dan harapan terhadap solusi yang lebih baik dari pemerintah. Namun, setelah kebijakan diterapkan opini berubah menjadi negatif (skor rata-rata -0,085), menunjukkan kekecewaan terhadap penutupan TikTokShop. Hipotesis bahwa influencer dapat membentuk opini publik tidak terbukti, meskipun konten mereka memiliki tingkat interaksi tinggi. Hal ini dikarenakan algoritma TikTok menampilkan konten sesuai preferensi pengguna. Sehingga penilaian evaluasi kebijakan berdasar pada opini yang berkembang di media sosial harus disertai dengan analisis tradisional dalam mencegah adanya filterisasi algoritma.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | P225180 |
| Uncontrolled Keywords: | Opini publik, Social Commerce, E-Commerce, Permendag 31Tahun 2023, Tiktok |
| Subjects: | P > P624 Public administration |
| Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Administrasi Publik |
| Depositing User: | Mrs NURUL WULANDHANI |
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 02:10 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 02:10 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35191 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
