DARYATMO, Maylani (2016) Tinjauan Hukum Udara Internasional Mengenai Tanggung Jawab Negara Atas Jatuhnya Pesawat Asing Komersil (Studi tentang Kasus Jatuhnya Pesawat Malaysia MH17 di Ukraina Tahun 2014). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-MAYLANI DARYATMO-E1A012248-2016.pdf Download (926kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-MAYLANI DARYATMO-E1A012248-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-MAYLANI DARYATMO-E1A012248-2016.pdf Download (896kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-MAYLANI DARYATMO-E1A012248-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 6 August 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-MAYLANI DARYATMO-E1A012248-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 6 August 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-MAYLANI DARYATMO-E1A012248-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 6 August 2026. Download (989kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-MAYLANI DARYATMO-E1A012248-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-MAYLANI DARYATMO-E1A012248-2016.pdf Download (983kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-MAYLANI DARYATMO-E1A012248-2016.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pada kamis, 17 Juli 2014 terdapat pemberitaan mengenai jatuhnya pesawat sipil komersil Malaysia Airlines/MH17 saat melakukan penerbangan dari Amsterdam, Belanda menuju Kuala Lumpur, Malaysia. Pesawat MH17 tersebut jatuh di zona konflik wilayah Ukraina Timur, tepatnya di dekat desa grobovo. Insiden tersebut melahirkan tanggung jawab bagi negara yang terkait, yaitu Malaysia sebagai negara didaftarkannya pesawat dan Ukraina sebagai negara tempat jatuhnya pesawat. Peristiwa tersebut menimbulkan permasalahan yaitu bagaimana tanggung jawab yang dimiliki negara atas jatuhnya pesawat Malaysia MH17 di Ukraina pada tahun 2014. Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui tanggung jawab negara atas jatuhnya pesawat Malaysia, MH17 di Ukraina Tahun 2014 yang ditinjau dari Hukum Udara Internasional. Tipe penelitian ini adalah yuridis-normatif dengan metode pendekatan perundangundangan dan pendekatan analitis. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah Ukraina sebagai negara kolong adalah pihak yang bertanggung jawab karena seharusnya harus lebih memperhatikan keamanan dan keselamatan wilayah udaranya dengan menutup seluruh wilayah udaranya dengan membuat zona larangan terbang. Selain itu, maskapai penerbangan Malaysia Airlines seharusnya dalam memilih rute penerbangan harus berhati-hati dengan menghindari zona konflik atau memilih rute yang lebih aman. Tindakan Malaysia Airlines ini melanggar Article 19 Konvensi Montreal 1999 tentang unifikasi aturan tertentu yang berkaitan dengan pengangkutan internasional melalui udara.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | E16144 |
| Uncontrolled Keywords: | Tanggung Jawab Negara, jatuhnya pesawat MH17 |
| Subjects: | A > A160 Aircraft accidents A > A172 Airspace law |
| Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
| Depositing User: | Mrs Endah Yuni Astuti |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 02:05 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 02:05 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35496 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
