PUTRA, Tu Bagus Abhyasa Setya (2025) Kinerja Campuran Aspal Modifikasi Belerang Berdasarkan Pengujian Alat Dynamic Shear Rheometer. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Tu Bagus Abhyasa Setya Putra-H1B021075-Skripsi-2025.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Tu Bagus Abhyasa Setya Putra-H1B021075-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Tu Bagus Abhyasa Setya Putra-H1B021075-Skripsi-2025.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Tu Bagus Abhyasa Setya Putra-H1B021075-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Tu Bagus Abhyasa Setya Putra-H1B021075-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Tu Bagus Abhyasa Setya Putra-H1B021075-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Tu Bagus Abhyasa Setya Putra-H1B021075-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Tu Bagus Abhyasa Setya Putra-H1B021075-Skripsi-2025.pdf Download (505kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Tu Bagus Abhyasa Setya Putra-H1B021075-Skripsi-2025.pdf Download (392kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Tu Bagus Abhyasa Setya Putra-H1B021075-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi membawa kita pada satu langkah maju untuk menemukan hal baru dalam perkembangan industri. Pada saat ini kita dihadapkan dengan adanya tantangan pada mahalnya bahan baku perkerasan aspal. Pada perkembangannya bitumen mulai dikembangkan dengan berbagai inovasi untuk meningkatkan daya tahan serta mengurangi dampak lingkungan, salah satunya adalah menggunakan sulfur untuk campuran aspal. Penelitian ini menggunakan belerang dengan campuran belerang 4%, 5%, dan 6%. Sampel benda uji akan diuji menggunakan alat Dynamic Shear Rheometer (DSR) untuk mendapatkan nilai PG. Suhu yang digunakan pada pengujian ini adalah suhu 58°C, 64°C, dan 70°C. Superpave (Superior Performing Asphalt Pavement) adalah salah satu teknologi dalam perancangan campuran aspal yang dikembangkan untuk menghasilkan jalan menjadi tahan lama, memiliki tingkat efisiensi yang tinggi, dan lebih responsif terhadap perubahan iklim dan beban lalu lintas (Rys et al., 2020). Berdasarkan hasil pengujian, terjadi peningkatan nilai PG aspal modifikasi belereng dengan variasi 4%, 5%, dan 6%. Aspal modifikasi belerang memiliki nilai PG yang lebih tinggi dari aspal murni dengan nilai PG campuran aspal belerang 4%, 5%, dan 6% berturut turut adalah PG 69,3, PG 69,4, dan PG 69,6. Ini lebih tinggi dari aspal murni yang memiliki nilai PG 68,1. Dapat ditarik kesimpulan bahwa aspal modifikasi memiliki pengaruh untuk meningkatkan kekuatan reologi aspal murni. Nilai G* dan δ pada suhu 64°C variasi aspal belerang 6% adalah 1,95 kPa dan 78,3. Sedangkan pada aspal murni memiliki nilai G* dan δ sebesar 1,62 kPa dan 82,4. Aspal modifikasi memiliki kekuatan yang dapat menahan permanent deformation lebih baik dari aspal murni di suhu 64°C. Pada suhu 64°C aspal murni memiliki nilai G*/sin[δ] sebesar 1,63 kPa, hasil ini lebih kecil dari nilai aspal variasi campuran modifikasi belerang 6% dengan nilai G*/sin[δ] sebesar 1,99 kPa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | H25176 |
| Uncontrolled Keywords: | Aspal Modifikasi, Superpave, Belerang, PG, Rutting, Cracking |
| Subjects: | T > T65 Technological innovations |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
| Depositing User: | Mr Tu Bagus Abhyasa Setya Putra |
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 08:30 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 08:30 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35631 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
