Azka, Shilviana (2025) Strategi Pemberdayaan Pada Sanggar Seni Kaloka Dalam Melestarikan Kesenian Tradisional di Kabupaten Pemalang. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-ShilvianaAzka-F2B023008-Tesis-2025..pdf Download (455kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-ShilvianaAzka-F2B023008-Tesis-2025..pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-ShilvianaAzka-F2B023008-Tesis-2025..pdf Download (531kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-ShilvianaAzka-F2B023008-Tesis-2025..pdf Restricted to Repository staff only until 11 August 2026. Download (641kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-ShilvianaAzka-F2B023008-Tesis-2025..pdf Restricted to Repository staff only until 11 August 2026. Download (455kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-ShilvianaAzka-F2B023008-Tesis-2025..pdf Restricted to Repository staff only until 11 August 2026. Download (668kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-ShilvianaAzka-F2B023008-Tesis-2025..pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-ShilvianaAzka-F2B023008-Tesis-2025..pdf Download (435kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-ShilvianaAzka-F2B023008-Tesis-2025..pdf Download (437kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-ShilvianaAzka-F2B023008-Tesis-2025..pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kabupaten Pemalang merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Tengah yang memiliki beragam kesenian. Namun pada akhir-akhir ini krisis budaya menjadi salah satu fenomena tersendiri, hal ini terjadi akibat para generasi muda lebih menggemari produk budaya asing dan kurangnya pemahaman tentang tradisi itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemberdayaan pada Sanggar Seni Kaloka dalam melestarikan kesenian tradisional dan menganalisis faktor pendukung serta faktor penghambat. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Penentuan informan menggunakan purposive sampling karena teknik tersebut hanya memilih kelompok subyek berdasarkan karakteristik tertentu yang dinilai memiliki keterkaitan dengan subyek yang akan diteliti. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis interaktif dengan menggunakan metode analisis data Miles, Huberman dan Saldana (2014) yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini yaitu teori Max Weber tindakan sosial, hal ini dikarenaka pada teori tersebut Weber melihat bahwa kenyataan sosial secara mendasar terdiri dari individu-individu dan tindakan sosialnya. Hasil penelitin menunjukkan Sanggar Kaloka melakukan berbagai program pemberdayaan untuk melestarikan kesenian tradisional khususnya seni tari di Kabupaten Pemalang. Bentuk pemberdayaan yang dilakukan oleh Sanggar Seni Kaloka yaitu berupa pembelajaran dan uji pentas. Adapun strategi yang digunakan oleh Sanggar ini yaitu melalui pendidikan dan pelatihan, melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, kerjasama dengan pemerintah daerah, dokumentasi karya seni di media sosial, dan mengadakan workshop kebudayaan. Adapun beberapa faktor pendukung dari adanya program pemberdayaan di Sanggar Kaloka yaitu seperti adanya dukungan dari pemerintah yang dibuktikan dengan adanya bantuan anggaran untuk mendukung kegiatan Sanggar Kaloka serta memberikan fasilitas berupa pendopo dan beberapa alat musik. Selain itu faktor pendukung lainnya berasal dari masyarakat. Adapun faktor penghambat yaitu kurangnya ketertarikan para generasi muda dengan kesenian tradisional, serta kurang minatnya anak laki-laki untuk melestarikan kesenian tari dan kurangnya inovasi dari pelaku kesenian, dan kurangnya dukungan dari orang tua.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | P225217 |
| Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan, Seniman, Kesenian Tradisional |
| Subjects: | A > A516 Arts |
| Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Sosiologi |
| Depositing User: | Mrs. Shilviana Azka |
| Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:08 |
| Last Modified: | 11 Aug 2025 02:08 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35648 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
