AISYAH, Aisyah (2025) Pengaruh Dimensi Goal Orientation terhadap Subjective Career Success melalui Knowledge Hiding pada Dosen di Universitas Jenderal Soedirman. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Aisyah-C2C023022-Tesis-2025.pdf Download (113kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Aisyah-C2C023022-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Aisyah-C2C023022-Tesis-2025.pdf Download (279kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Aisyah-C2C023022-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 12 August 2026. Download (285kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Aisyah-C2C023022-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 12 August 2026. Download (430kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Aisyah-C2C023022-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 12 August 2026. Download (378kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Aisyah-C2C023022-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Aisyah-C2C023022-Tesis-2025.pdf Download (276kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Aisyah-C2C023022-Tesis-2025.pdf Download (247kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Aisyah-C2C023022-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (657kB) |
Abstract
Knowledge hiding merupakan perilaku disengaja untuk menyembunyikan pengetahuan yang seharusnya dapat dibagikan, dan masih kurang diteliti dalam konteks akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tiga dimensi goal orientation, learning, proving, dan avoiding goal orientation, terhadap subjective career success (SCS), dengan knowledge hiding (KH) sebagai variabel mediasi, dalam lingkungan dosen perguruan tinggi negeri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei melalui kuesioner tertutup yang dibagikan kepada 186 dosen di Universitas Jenderal Soedirman. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat uji SMART PLS untuk menguji hubungan langsung maupun mediasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa learning goal orientation dan proving goal orientation tidak berpengaruh signifikan terhadap knowledge hiding, sedangkan avoiding goal orientation berpengaruh positif dan signifikan. Selain itu, knowledge hiding memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap subjective career success. Uji mediasi mengungkap bahwa hanya avoiding goal orientation yang memediasi secara penuh pengaruh terhadap subjective career success melalui knowledge hiding. Hasil ini menegaskan pentingnya menciptakan iklim akademik yang mendukung keterbukaan dan kolaborasi antar-dosen. Pimpinan akademik dapat mengurangi tekanan evaluatif yang mendorong dosen untuk melakukan knowledge hiding sebagai mekanisme defensif, khususnya bagi individu dengan avoiding goal orientation Penelitian ini mengambil pendekatan yang menempatkan knowledge hiding sebagai mekanisme perilaku untuk memahami pengaruh avoiding goal orientation terhadap subjective career success, pada dosen sebagai knowledge worker. Pendekatan ini merespons masih terbatasnya kajian yang menghubungkan strategi proteksi sumber daya psikologis dengan persepsi pencapaian karier dalam lingkungan akademik.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | P225223 |
| Uncontrolled Keywords: | learning goal orientation, proving goal orientation, avoiding goal orientation, knowledge hiding, subjective career success, dosen perguruan tinggi. |
| Subjects: | L > L103 Lectures and lecturing |
| Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
| Depositing User: | Mrs. AISYAH AISYAH |
| Date Deposited: | 12 Aug 2025 04:48 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 04:48 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35682 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
