ALDIAN, Muhammad Reza (2019) Dampak Penerapan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Hari Sekolah Pada Kelelahan Emosional Guru dan Konsekuensinya. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Muhammad Reza Aldian-C1B015008-SKRIPSI-2019.pdf Download (49kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muhammad Reza Aldian-C1B015008-SKRIPSI-2019-converted.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muhammad Reza Aldian-C1B015008-SKRIPSI-2019.pdf Download (13kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
BAB I-Muhammad Reza Aldian-C1B015008-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (BabII)
BAB II-Muhammad Reza Aldian-C1B015008-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
PDF (BabIII)
BAB III-Muhammad Reza Aldian-C1B015008-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
PDF (BabIV)
BAB IV-Muhammad Reza Aldian-C1B015008-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
||
PDF (BabV)
BAB V-Muhammad Reza Aldian-C1B015008-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muhammad Reza Aldian-C1B015008-SKRIPSI-2019.pdf Download (111kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Muhammad Reza Aldian-C1B015008-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelelahan emosional yang diprediksi muncul akibat penerapan kebijakan 5 hari kerja,dan kepuasan kerja terhadap komitmen afektif guru. Responden dalam penelitian ini adalah guru SMP negeri di Kota Purwokerto. Penelitian ini menggunakan 94 responden yang ditentukan dengan menggunakan purposive sampling method. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution) menunjukkan bahwa: (1) Kelelahan emosional tidak berpengaruh negatid terhadap komitmen afektif, (2) Kelelahan emosional tidak berpengaruh negatid kepada kepuasan kerja, (3) Kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap komitmen afektif, dan (4) Kepuasan kerja tidak memediasi hubungan antara kelelahan emosional dengan komitmen afektif. Implikasi berdasarkan hasil penelitian ini adalah pihak sekolah yang bersangkutan mengadakan aktivitas/kegiatan yang berfungsi untuk menekan tingkat kelelahan yang dialami oleh guru agar tetap pada titik terendah. Aktivitas/kegiatan yang berkaitan dengan kesegaran rohani dan jasmani serta sistem non-financial reward akan meningkatkan kepuasan serta komitmen afektif guru dalam bekerja. Dengan adanya kebijakan-kebijakan yang terus diperbarui dalam kurikulum yang berlaku, sosialisasi dan pencerdasan materi kebijakan harus tetap diberikan kepada guru secara bertahap agar mereka menguasai materimateri yang harus dikerjakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C19296 |
Uncontrolled Keywords: | Kelelahan Emosional, Kepuasan Kerja, Komitmen Afektif, Guru, 5 Hari Sekolah, Kurikulum 2013. |
Subjects: | S > S73 School assembly programs |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Mr Supriyana Supriyana |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 02:08 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 02:44 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3579 |
Actions (login required)
View Item |