Persidangan yang Terbuka dengan Disiarkan Secara Langsung oleh Media Televisi (Studi Kasus Pembunuhan oleh Jesica Kumala Wongso)

BANGSAWAN, Dito Dewa (2017) Persidangan yang Terbuka dengan Disiarkan Secara Langsung oleh Media Televisi (Studi Kasus Pembunuhan oleh Jesica Kumala Wongso). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan Bagian Tugas Akhir_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar psutaka_1.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Salah satu perdebatan penting dalam hukum acara pidana dewasa ini adalah siaran langsung persidangan. skripsi ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pasal 159 ayat (1) kuhap dalam persidangan yang terbuka untuk umum serta mengetahui sikap komisi yudisial terhadap kegiatan siaran langsung persidangan yang telah menyita perhatian publik khususnya pada persidangan kasus pembunuhan oleh jessica kumala wongso. kata terbuka untuk umum ini lah yang menjadi salah satu dasar perbedaan presepsi yang dewasa ini memantik respon dari banyak pihak, bahwa sidang live adalah tafsir elastis terhadap konsep sidang terbuka untuk umum yang dikenal dalam kuhap. Kitab hukum acara pidana mengatur tentang bagaimana cara beracara sidang yang menjadi acuan hakim dalam menggelar suatu perkara guna memberikan jaminan suatu kepastian hukum baik bagi korban, terdakwa, ataupun saksi. penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang lebih menekankan analisanya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta pada dinamika hubungan antar fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah. metode ini juga dilakukan dengan jalan memahami atau mempelajari hukum positif yaitu objek penelitian dan bagaimana kenyataan atau prakteknya di lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan siaran langsung persidangan bertentangan dengan ketentuan dari pasal 159 ayat (1) kuhap dan komisi yudisial sebagai pengawas eksternal menyatakan bahwa siaran langsung persidangan hanya boleh dilakukan terbatas yang diamana tidak menyiarkan kegiatan pemeriksaan saksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E17319
Uncontrolled Keywords: Sidang Terbuka, Hukum Formil, Komisi Yudisial
Subjects: C > C904 Courts
T > T302 Trials
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Sri Hartati
Date Deposited: 09 Nov 2018 03:40
Last Modified: 18 Dec 2019 02:52
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year