FELIX, Gabriel (2025) Perlindungan Hukum terhadap Konsumen atas Kegagalan Jasa Konstruksi yang Mengakibatkan Bangunan Runtuh Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Study Putusan Nomor:74/Pdt.Sus-BPSK/2024/PN Tpg). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-GABRIEL FELIX-E1A018207-SKRIPSI-2025.pdf.pdf Download (241kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-GABRIEL FELIX-E1A018207-SKRIPSI-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-GABRIEL FELIX-E1A018207-SKRIPSI-2025.pdf.pdf Download (314kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-GABRIEL FELIX-E1A018207-SKRIPSI-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 14 August 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-GABRIEL FELIX-E1A018207-SKRIPSI-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 14 August 2026. Download (2MB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-GABRIEL FELIX-E1A018207-SKRIPSI-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 14 August 2026. Download (554kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-GABRIEL FELIX-E1A018207-SKRIPSI-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-GABRIEL FELIX-E1A018207-SKRIPSI-2025.pdf.pdf Download (311kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-GABRIEL FELIX-E1A018207-SKRIPSI-2025.pdf.pdf Download (660kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen atas kegagalan jasa konstruksi yang mengakibatkan bangunan runtuh berdasarkan undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Dalam pelaksanaan pengikatan perjanjian jual beli sering terjadi kesalah pahaman antara pelaku usaha dengan konsumen, pelaku usaha terkadang melanggar asas itikad baik pelaku usaha karena tidak melaksanakan klausula perjanjian yang sudah disepakati di awal, dalam kasus ini pelaku usaha telah secara sadar dan meyakinkan wanprestasi kepada konsumen, karena tidak pernah melakukan pemasangan pondasi dengan beton miring, dan hanya memberikan janji manis tanpa memberikan jawaban pasti kepada konsumen. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer dan sekunder yang dilakukan dengan studi kepustakaan. Data disajikan dalam bentuk uraian logis, sistematis, dan rasional kemudian dianalisis secara normatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsumen pihak konsumen tidak mendapatkan perlindungan hukum, karena pelaku usaha hanya memberikan janji semata dan itupun hanya melalui pesan singkat aplikasi media sosial WhatsApp tanpa ada tindaklanjut yang berarti kepada pihak konsumen. Pelaku Usaha dalam penelitian ini tidak memberikan ganti rugi kepada konsumen karena secara sadar tidak membangun pondasi dengan batu miring yang dalam klausa perjanjian sudah dijelaskan, sehingga pelaku usaha telah terbukti melanggar hak konsumen Pasal 4 huruf h dan tanggung jawab pelaku usaha sebagaimana tercantum dalam Pasal 19 ayat (1), serta (2) Undang-Undang Perlindungan Konsumen.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | E25204 |
| Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Hukum, Konsumen, Konstruksi, Jasa |
| Subjects: | C > C792 Consumer protection |
| Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
| Depositing User: | Mr. Gabriel Felix |
| Date Deposited: | 14 Aug 2025 01:53 |
| Last Modified: | 14 Aug 2025 01:53 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
