FEBRIYANI, Viona Dwi (2025) The Influence of Sociocultural Factors on English Speaking Anxiety: From Students’ Perspective (A Descriptive Qualitative Study on The Exchange Students of Ibaraki University Batch 2023). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Viona Dwi Febriyani-J1E020003-Skripsi-2025.pdf Download (97kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Viona Dwi Febriyani-J1E020003-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Viona Dwi Febriyani-J1E020003-Skripsi-2025.pdf Download (153kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-Viona Dwi Febriyani-J1E020003-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2026. Download (131kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-Viona Dwi Febriyani-J1E020003-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2026. Download (208kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-Viona Dwi Febriyani-J1E020003-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 15 August 2026. Download (141kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Viona Dwi Febriyani-J1E020003-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-Viona Dwi Febriyani-J1E020003-Skripsi-2025.pdf Download (116kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Viona Dwi Febriyani-J1E020003-Skripsi-2025.pdf Download (176kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Viona Dwi Febriyani-J1E020003-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (800kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh faktor sosiokultural terhadap kecemasan berbicara bahasa Inggris dari sudut pandang mantan mahasiswa pertukaran pelajar di Universitas Ibaraki angkatan 2023 yang juga bukan penutur asli bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Dalam menganalisis data, peneliti mendeskripsikan teori sosiokultural berdasarkan teori Vygotsky (1978): “Sosiokultural” mengacu pada berbagai elemen sosioekonomi dan budaya yang mempengaruhi sikap, perasaan, dan tindakan kita, yang pada akhirnya mempengaruhi kesehatan kita. Data disajikan dalam bentuk grafik dan tabel. Selain itu, peneliti mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kecemasan berbicara bahasa Inggris yang mengacu pada teori Gelman (2020) dan Young (1992). Faktor-faktor ini termasuk seperangkat norma perilaku yang dimiliki setiap budaya yang terkait dengan kepercayaan, pengetahuan, dan tradisinya. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa beberapa mantan mahasiswa pertukaran pelajar di Universitas Ibaraki yang juga merupakan penutur asli bahasa Inggris, memiliki rasa kurang percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris dan setuju bahwa mereka mungkin memiliki kecemasan berbicara bahasa Inggris. Lima dari mereka telah memenuhi kriteria untuk berpartisipasi dalam wawancara mendalam dan berbagi wawasan tentang faktor-faktor sosiokultural yang mempengaruhi kecemasan berbicara bahasa Inggris berdasarkan latar belakang sosiokultural mereka dan strategi untuk mengelolanya. Lebih lanjut, penelitian ini menyoroti beberapa faktor signifikan yang mempengaruhi kecemasan berbicara bahasa Inggris siswa, termasuk faktor pendidikan, faktor sosiokultural, dan faktor linguistik
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | J25212 |
| Uncontrolled Keywords: | Ibaraki University Exchange Students, Sociocultural Factors, English Speaking Anxiety |
| Subjects: | E > E280 English language |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Mrs. Viona Dwi Febriyani |
| Date Deposited: | 15 Aug 2025 02:04 |
| Last Modified: | 15 Aug 2025 02:04 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35929 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
