PRASETYO, Dwi Endra (2025) Pengaruh Kepedulian Lingkungan dan Literasi Ekologi terhadap Kesediaan untuk Membayar Lebih Produk The Body Shop Dimediasi oleh Sikap Terhadap Produk Ramah Lingkungan. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-DWI ENDRA PRASETYO-C2C023051-Tesis-2025.pdf Download (211kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-DWI ENDRA PRASETYO-C2C023051-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-DWI ENDRA PRASETYO-C2C023051-Tesis-2025.pdf Download (307kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-DWI ENDRA PRASETYO-C2C023051-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2026. Download (426kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-DWI ENDRA PRASETYO-C2C023051-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2026. Download (439kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-DWI ENDRA PRASETYO-C2C023051-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2026. Download (419kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-DWI ENDRA PRASETYO-C2C023051-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (948kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-DWI ENDRA PRASETYO-C2C023051-Tesis-2025.pdf Download (318kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-DWI ENDRA PRASETYO-C2C023051-Tesis-2025.pdf Download (303kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-DWI ENDRA PRASETYO-C2C023051-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepedulian lingkungan dan literasi ekologi terhadap kesediaan konsumen untuk membayar lebih terhadap produk ramah lingkungan, dengan sikap terhadap produk ramah lingkungan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei pada 150 responden konsumen The Body Shop di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan AMOS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepedulian lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap terhadap produk ramah lingkungan, (2) Literasi ekologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap terhadap produk ramah lingkungan, (3) Kepedulian lingkungan tidak berpengaruh langsung terhadap kesediaan membayar lebih, (4) Literasi ekologi tidak berpengaruh langsung terhadap kesediaan membayar lebih, (5) Sikap terhadap produk ramah lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesediaan membayar lebih, (6) Sikap terhadap produk ramah lingkungan memediasi secara signifikan pengaruh kepedulian lingkungan terhadap kesediaan membayar lebih, namun ditolak karena syarat uji mediasi belum terpenuhi, (7) Sikap terhadap produk ramah lingkungan memediasi secara signifikan pengaruh literasi ekologi terhadap kesediaan membayar lebih, namun ditolak karena syarat uji mediasi belum terpenuhi. Penelitian ini memperluas penerapan Theory of Planned Behavior (TPB) dalam konteks perilaku konsumen ramah lingkungan. Implikasi praktisnya menekankan pentingnya edukasi dan strategi komunikasi yang menekankan nilai keberlanjutan serta membangun persepsi positif terhadap produk ramah lingkungan, terutama di industri kecantikan. Penelitian ini diharapkan menjadi dasar bagi strategi green marketing dan kebijakan yang mendukung konsumsi produk berkelanjutan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | P225245 |
| Uncontrolled Keywords: | Kepedulian Lingkungan, Literasi Ekologi, Sikap Terhadap Produk ramah lingkungan, Kesediaan Membayar Lebih, The Body Shop, Theory of Planned Behavior |
| Subjects: | E > E359 Environment G > G247 Green technology M > M80 Marketing |
| Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
| Depositing User: | Mr DWI ENDRA PRASETYO |
| Date Deposited: | 20 Aug 2025 03:31 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 03:31 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36183 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
