WIDYASTUTI, Titis (2025) Analisis Kinerja Kontrol PID Tunggal dan PID Cascade pada AC Seri ACI 2001 di Gerbong Kereta Api K1. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Titis Widyastuti-H1A021017-Skripsi.pdf Download (190kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Titis Widyastuti-H1A021017-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Titis Widyastuti-H1A021017-Skripsi-2025.pdf Download (207kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Titis Widyastuti-H1A021017-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2026. Download (385kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Titis Widyastuti-H1A021017-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Titis Widyastuti-H1A021017-Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2026. Download (895kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Titis Widyastuti-H1A021017-Skripsi-2015.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Titis Widyastuti-H1A021017-Skripsi-2025.pdf Download (186kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Titis Widyastuti-H1A021017-Skripsi-2025.pdf Download (251kB) |
Abstract
Perkembangan transportasi terus meningkat, salah satunya adalah kereta api. Kenyamanan penumpang termasuk pengaturan suhu ruangan menjadi prioritas. Sistem pendingin udara (AC) pada kereta api harus mampu menjaga suhu yang dipengaruhi oleh faktor lain seperti jumlah penumpang, yang memengaruhi beban termal pada gerbong. Untuk mengatasi tantangan ini, Kontrol Proporsional-Integral-Derivatif (PID) dapat diterapkan. Kontrol PID merupakan metode yang umum digunakan dan mampu memberikan respon yang cepat serta stabil. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan pengendalian, yaitu PID tunggal dan PID cascade. Sistem dimodelkan dalam bentuk fungsi alih berdasarkan spesifikasi AC seri ACI 2001. Parameter PID ditentukan dengan metode Ziegler-Nichols sebagai acuannya. Simulasi menggunakan MATLAB Simulink mencakup tiga skenario setpoint suhu, yaitu 24°C, 25°C, dan 26°C, dengan suhu awal diasumsikan 35°C. Pengujian mencakup kondisi tanpa gangguan maupun dengan gangguan beban termal berupa 10, 25, dan 50 penumpang. Analisis difokuskan pada respon sistem, meliputi rise time, settling time, overshoot, undershoot, dan peak. Hasil simulasi menunjukkan bahwa baik PID cascade maupun PID tunggal mampu mengendalikan suhu dengan baik terhadap perubahan suhu sebesar 0.0006 per penumpang pada skenario pengujian statik. PID cascade memiliki respon yang lebih cepat dibandingkan PID tunggal, dengan rise time sekitar 6.2 detik dan settling time sekitar 13.3 detik, serta overshoot dan undershoot kecil yang masih berada dalam batas toleransi. Sedangkan PID tunggal memiliki rise time sekitar 21.6 detik, settling time sekitar 41.5 detik, dan tanpa overshoot.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | H25246 |
| Uncontrolled Keywords: | PID Cascade, Metode Tuning Ziegler-Nichols, Kontrol PID, Sistem Kontrol Pendingin |
| Subjects: | R > R68 Railroad engineering |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro |
| Depositing User: | Mrs. Titis Widyastuti |
| Date Deposited: | 20 Aug 2025 08:39 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 08:39 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36240 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
