NURMUTMA'INNAH, Alliefah Nabila (2025) Hubungan Penerapan Social Media Marketing dengan Brand Awareness Point Coffee (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman Angkatan 2021-2024). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Alliefah Nabila Nurmutma'innah-F1C021029-Skripsi-2025.pdf Download (148kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Alliefah Nabila Nurmutma'innah-F1C021029-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Alliefah Nabila Nurmutma'innah-F1C021029-Skripsi-2025.pdf Download (235kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Alliefah Nabila Nurmutma'innah-F1C021029-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Alliefah Nabila Nurmutma'innah-F1C021029-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Alliefah Nabila Nurmutma'innah-F1C021029-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Alliefah Nabila Nurmutma'innah-F1C021029-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (844kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Alliefah Nabila Nurmutma'innah-F1C021029-Skripsi-2025.pdf Download (185kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Alliefah Nabila Nurmutma'innah-F1C021029-Skripsi-2025.pdf Download (222kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Alliefah Nabila Nurmutma'innah-F1C021029-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Media sosial berperan penting dalam membangun brand awareness, termasuk di industri coffee shop. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat dan arah hubungan social media marketing (SMM) dengan brand awareness Point Coffee menggunakan teori Uses and Effect. Dalam penelitian ini, SMM diukur melalui lima dimensi utama: entertainment, customization, interaction, eWOM, dan trendiness. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2021–2024. Sampel sebanyak 84 responden ditentukan melalui rumus Slovin, dengan pengukuran skala rating 1–10. Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan hubungan sangat kuat dan positif antara penerapan SMM dan brand awareness (r = 0,856; sig. 0,000 < 0,05), sementara uji regresi linear menunjukkan arah hubungan positif dengan koefisien regresi 0,463. Pada variabel SMM, dimensi customization (8,55) dan trendiness (8,39) mendapatkan skor tertinggi. Selanjutnya pada variabel brand awareness, recall (8,49) dan recognition (8,35) memperoleh skor tertinggi. Uji t mengungkapkan bahwa social media marketing memiliki hubungan yang signifikan dan positif dengan kekuatan tinggi (t hitung = 14,998 > t tabel = 1,989; Sig. 0,000 < 0,05). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan social media marketing yang baik dapat berkontribusi dalam membangun kesadaran merek secara signifikan. Disarankan agar Point Coffee mempertahankan keunggulan pada aspek customization dan trendiness serta mengoptimalkan dimensi lainnya untuk memperkuat brand awareness.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | F25354 |
| Uncontrolled Keywords: | Social Media Marketing, Brand Awareness, Uses and Effect, Media Sosial, Instagram, Point Coffee |
| Subjects: | M > M81 Marketing Propaganda Public relations Publicity |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Mrs Alliefah Nabila Nurmutma'innah |
| Date Deposited: | 21 Aug 2025 06:44 |
| Last Modified: | 21 Aug 2025 06:44 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
