PROBORINI, Rahajeng Dea (2016) An Analysis of Conceptual Metaphor in Body Copy of Advertisements in InStyle Magazine (September 2013 Edition). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1 Cover Rahajeng Dea Proborini F1F010048 - 2016.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2 Legalitas Rahajeng Dea Proborini F1F010048 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
3 Abstrak Rahajeng Dea Proborini F1F010048 - 2016.pdf Download (949kB) |
|
|
PDF (BabI)
4 Bab I Rahajeng Dea Proborini F1F010048 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only until 21 October 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabII)
5 Bab II Rahajeng Dea Proborini F1F010048 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only until 21 October 2026. Download (985kB) |
|
|
PDF (BabIII)
6 Bab III Rahajeng Dea Proborini F1F010048 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only until 21 October 2026. Download (965kB) |
|
|
PDF (BabIV)
7 Bab IV Rahajeng Dea Proborini F1F010048 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
|
PDF (BabV)
8 Bab V Rahajeng Dea Proborini F1F010048 - 2016.pdf Download (942kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
9 Daftar Pustaka Rahajeng Dea Proborini F1F010048 - 2016.pdf Download (946kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10 Lampiran Rahajeng Dea Proborini F1F010048 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Peneliti melaksanakan penelitian yang berjudul An Analysis of Conceptual Metaphor in Body Copy of Advertisements in InStyle Magazine (September 2013 Edition). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman serta pengertian mengenai penggunakan konsep – konsep metafora sebagai salah satu strategi persuasif dalam iklan cetak. Penelitian ini befokus pada analisis penggunaan konsep – konsep metaphor dalam iklan di media cetak. Metafora konsepsional adalah sebuah pemahaman pada satu bidang konsep yang ada dalam istilah bidang konsep yang lain. Dengan kata lain, ini adalah sebuah pengorganisasian ekspresi yang mengandung metafora yang terkonsep dalam dua bidang: bidang asal dan bidang sasaran. Bidang asal adalah istilah yang digunakan untuk mewakili sebuah ekspresi metafora sedangkan bidang sasaran adalah makna sebenarnya yang terkandung dalam ekspresi tersebut. Terdapat 13 bidang asal yang sering digunakan oleh orang – orang pada umumnya dalam bahasa sehari – hari. Selain itu, penelitian ini juga berfokus pada 5 fungsi bahasa untuk mengelompokkan ekspresi atau ungkapan sesuai dengan penggunaanya. Data penelitian ini adalah iklan pada majalah InStyle yang diterbitkan bulan September tahun 2013. Adapun data yang dipilih dalam penelitian ini adalah semua iklan yang memiliki body copy atau salinan teks yang mengandung ekspresi metafora untuk dikonseptualisasikan ke dalam bidang asal serta dikategorikan ke dalam fungsi bahasanya berdasarkan teori yang digunakan oleh peneliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk mengambil data dengan proses yang berdasarkan pada apa yang dibutuhkan dalam penelitian. Setelah melaksanakan penelitian, terdapat beberapa iklan yang mengandung lebih dari satu istilah bidang asal. Ada 32 iklan yang memiliki 52 ekspresi metafora yang dikategorikan ke dalam 13 bidang asal. Bidang asal yang muncul terbanyak adalah bidang Light and Darkness (7 ekspresi), Cooking and Food (6 ekspresi), Forces, Building and Construction (5 ekspresi), Plants (4 ekspresi), Movement and Direction (4 ekspresi), Health and Illness (3 ekspresi), Money and Economic Transaction, Heat and Cold (2 ekspresi), and Human Body, , Animals, Machine and Tools (1 ekspresi). Selain itu, terdapat 52 fungsi bahasa dengan Informational Function (33 ekspresi, Aesthetic Function (12 ekspresi), Directive Function (6 ekspresi), and Expressive Function (1 ekspresi). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada pembaca, khususnya mahasiswa yang tertarik dengan studi metafora serta perusahaan periklanan untuk dapat membuat iklan menggunakan metafora konsepsional sebagai strategi persuasif.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | F16272 |
| Uncontrolled Keywords: | metafora konsepsional, bidang asal, fungsi bahasa, majalah InStyle. |
| Subjects: | C > C717 Concepts L > L51 Language and languages |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Inggris |
| Depositing User: | Mrs Lati Larasati UPA Perpustakaan Unsoed |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:46 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 03:44 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
