AINI, Luthfiyah Qurrotul (2025) Register Pengguna Game Online Genshin Impact dalam Komunitas Indonesia Main Genshin (Indomi) di Discord (Kajian Sosiolinguistik). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Luthfiyah Qurrotul Aini-J1B021026-Skripsi-2025.pdf Download (104kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Luthfiyah Qurrotul Aini-J1B021026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Luthfiyah Qurrotul Aini-J1B021026-Skripsi-2025.pdf Download (134kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-1-Luthfiyah Qurrotul Aini-J1B021026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 5 October 2026. Download (128kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Luthfiyah Qurrotul Aini-J1B021026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 5 November 2026. Download (188kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Luthfiyah Qurrotul Aini-J1B021026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 5 November 2026. Download (130kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Luthfiyah Qurrotul Aini-J1B021026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Luthfiyah Qurrotul Aini-J1B021026-Skripsi-2025.pdf Download (124kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Luthfiyah Qurrotul Aini-J1B021026-Skripsi-2025.pdf Download (135kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Luthfiyah Qurrotul Aini-J1B021026-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk, makna, dan fungsi register yang digunakan oleh pengguna game online Genshin Impact dalam Komunitas Indonesia Main Genshin (Indomi) di Discord. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh dari room chat # .seputar-abyss Discord Komunitas Indomi, terhitung dari 16 Juli - Agustus 2024, sedangkan data sekunder berasal dari referensi pendukung, seperti penelitian terdahulu, kamus, dan sumber tutorial permainan. Pengumpulan data dilakukan melalui metode simak dan cakap. Teknik dasar dari metode simak adalah teknik sadap, dilanjutkan dengan teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Metode cakap menggunakan teknik pancing sebagai teknik dasar, dengan teknik lanjutan berupa cakap tak bertemu muka. Analisis data dilakukan dengan metode padan ekstralingual. Teknik dasar yang digunakan adalah teknik pilah unsur tertentu, sedangkan teknik lanjutannya adalah teknik hubung banding membedakan. Hasil analisis data disajikan menggunakan metode informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 30 data register yang terdiri atas 16 register berbentuk kata dan 14 register berbentuk frasa. Berdasarkan makna kontekstual, ditemukan 16 data termasuk dalam register selingkung terbatas dan 14 data dalam register selingkung terbuka. Beberapa fungsi-fungsi yang ditemukan oleh peneliti adalah fungsi instrumental yang berjumlah 7 data, fungsi representasional yang berjumlah 6 data, fungsi interaksional yang berjumlah 7 data, fungsi personal yang berjumlah 6 data, dan fungsi heuristik yang berjumlah 4 data. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan register dalam komunitas game tidak hanya mencerminkan kekhasan bahasa kelompok, tetapi juga menunjukkan peran penting bahasa dalam membangun identitas sosial dan efektivitas komunikasi dalam komunitas daring.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | J25261 |
| Uncontrolled Keywords: | Bahasa, Komunitas Indomi, Register, Sosiolinguistik |
| Subjects: | C > C679 Computer games L > L51 Language and languages S > S468 Sociolinguistics |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Luthfiyah Qurrotul Aini |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 08:29 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 08:29 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37932 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
