AKA, Muhammad Rivqi Pinandita (2025) Peran Elemen Kebudayaan Amerika Serikat Terhadap Internasionalisasi Starbucks dan Transformasi Gaya Hidup Konsumsi Kopi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-MUHAMMAD RIVQI PINANDITA AKA-F1F021069-SKRIPSI-2025.pdf Download (407kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-MUHAMMAD RIVQI PINANDITA AKA-F1F021069-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (828kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-MUHAMMAD RIVQI PINANDITA AKA-F1F021069-SKRIPSI-2025.pdf Download (663kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-MUHAMMAD RIVQI PINANDITA AKA-F1F021069-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 17 November 2026. Download (282kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-MUHAMMAD RIVQI PINANDITA AKA-F1F021069-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 17 November 2026. Download (211kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-MUHAMMAD RIVQI PINANDITA AKA-F1F021069-SKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 17 November 2026. Download (835kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-MUHAMMAD RIVQI PINANDITA AKA-F1F021069-SKRIPSI-2025.pdf Download (50kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-MUHAMMAD RIVQI PINANDITA AKA-F1F021069-SKRIPSI-2025.pdf Download (229kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran elemen kebudayaan Amerika Serikat, terhadap proses internasionalisasi Starbucks di Indonesia. Dengan menggunakan teori Global Culture Flows dari Arjun Appadurai (1996), penelitian ini mengkaji bagaimana nilai-nilai budaya seperti individualisme, konsumerisme, dan estetika gaya hidup modern menjadi fondasi ideologis yang mendukung ekspansi Starbucks sebagai perusahaan multinasional di pasar Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data kualitatif Miles dan Huberman dan studi literatur dari berbagai sumber sekunder seperti laporan korporat, jurnal akademik, dan artikel media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen-elemen budaya Amerika berfungsi sebagai aset strategis yang memengaruhi strategi internasionalisasi Starbucks, baik dalam bentuk adaptasi produk, desain gerai, maupun strategi pemasaran. Starbucks berhasil mengintegrasikan nilai-nilai individualistik melalui personalisasi layanan, menyebarkan ideologi konsumerisme melalui citra merek premium, dan menanamkan estetika modern melalui konsep third place. Dampaknya, Starbucks tidak hanya sukses sebagai entitas bisnis global, tetapi juga menjadi agen penyebaran elemen budaya yang berperan dalam mentransformasi gaya hidup konsumsi kopi di Indonesia. Budaya minum kopi bergeser dari aktivitas komunal tradisional menuju gaya hidup modern yang berorientasi pada ekspresi diri dan status sosial. Penelitian ini menegaskan bahwa proses internasionalisasi tidak sekadar bersifat ekonomi, tetapi juga merupakan proses kultural yang mengonstruksi ulang identitas dan praktik sosial di negara tujuan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | F25403 |
| Uncontrolled Keywords: | Internasionalisasi, Starbucks, Budaya Amerika Serikat, Global Culture Flows, Konsumerisme, Individualisme |
| Subjects: | C > C1010 Culture C > C519 Coffee industry L > L230 Lifestyles |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Hubungan Internasional |
| Depositing User: | Mr. Muhammad Rivqi Pinandita Aka |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 04:22 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 04:22 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/38081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
