DEWA, Awang Cakra (2019) Efisiensi Pemasaran Kapulaga di Desa Gununglurah Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
2. COVER-Awang Cakra Dewa-A1A015060-Skripsi-FAPERTA-2019.pdf Download (29kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
3. LEGALITAS-Awang Cakra Dewa-A1A015060-Skripsi-FAPERTA-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
4. ABSTRAK-Awang Cakra Dewa-A1A015060-Skripsi-FAPERTA-2019.pdf Download (282kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
5. BAB I-Awang Cakra Dewa-A1A015060-Skripsi-FAPERTA-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
||
PDF (BabII)
6. BAB II-Awang Cakra Dewa-A1A015060-Skripsi-FAPERTA-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
||
PDF (BabIII)
7. BAB III-Awang Cakra Dewa-A1A015060-Skripsi-FAPERTA-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
||
PDF (BabIV)
8. BAB IV-Awang Cakra Dewa-A1A015060-Skripsi-FAPERTA-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
||
PDF (BabV)
9. BAB V-Awang Cakra Dewa-A1A015060-Skripsi-FAPERTA-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA-Awang Cakra Dewa-A1A015060-Skripsi-FAPERTA-2019.pdf Download (193kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN-Awang Cakra Dewa-A1A015060-Skripsi-FAPERTA-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
Abstract
Kapulaga merupakan salah satu jenis tanaman biofarmaka yang sebagian besar konsumennya adalah perusahaan industri obat-obatan dan kosmetik. Semakin berkembangnya industri obat-obatan dan kosmetik membuat permintaan akan kapulaga terus meningkat. Kegiatan pemasaran kapulaga di Desa Gununglurah melibatkan banyak lembaga pemasaran dan sebagian besar petani bergantung kepada pengepul dalam memasarkan kapulaga, sehingga hal itu menyebabkan panjangnya saluran pemasaran kapulaga di Desa Gununglurah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui saluran pemasaran, 2) mengetahui marjin pemasaran, 3) mengetahui farmer’s share, 4) mengetahui besarnya indeks efisiensi teknis dan indeks efisiensi ekonomis. Penelitian dilaksanakan di Desa Gununglurah Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas pada tanggal 3 – 27 Januari 2019. Metode yang digunakan untuk mengambil responden petani adalah simple random sampling diperoleh sebanyak 33 orang responden dan untuk lembaga pemasaran ditentukan dengan metode snowball sampling yang terdiri dari 4 pengepul dan 2 pedagang besar. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif saluran pemasaran, marjin pemasaran, farmer’s share, biaya dan keuntungan tiap lembaga pemasaran, indeks efisiensi teknis dan indeks efisiensi ekonomis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 1) tiga saluran pemasaran yang terbentuk, 2) marjin pemasaran terkecil yaitu saluran pemasaran III sebesar Rp3.500/Kg, 3) farmer’s share terbesar yaitu saluran pemasaran II sebesar 78%, 4) persentase biaya pemasaran terkecil yaitu saluran pemasaran II sebesar 6% dan persentase keuntungan terbesar yaitu saluran pemasaran II sebesar 94%, 5) Saluran pemasaran II merupakan saluran pemasaran yang paling efisien berdasarkan indeks efisiensi teknis sebesar 0,85 dan indeks efisiensi ekonomis sebesar 16,63.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A19157 |
Uncontrolled Keywords: | Efisiensi, Pemasaran, Kapulaga |
Subjects: | M > M80 Marketing |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Mr Supriyana Supriyana |
Date Deposited: | 21 Feb 2020 08:39 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 08:30 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3810 |
Actions (login required)
View Item |