MUHAMMAD, Hanif Fadlil (2025) The Reason Why The Main Character in Video Game The Last of Us Part II (2020) Experience Psychological Trauma. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Hanif Fadlil Muhammad-J1A020052-Skripsi-2025.pdf Download (246kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Hanif Fadlil Muhammad-J1A020052-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Hanif Fadlil Muhammad-J1A020052-Skripsi-2025.pdf Download (187kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I- Hanif Fadlil Muhammad-J1A020052-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 21 November 2026. Download (242kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Hanif Fadlil Muhammad-J1A020052-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 21 November 2026. Download (274kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Hanif Fadlil Muhammad-J1A020052-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 21 November 2026. Download (193kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Hanif Fadlil Muhammad-J1A020052-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Hanif Fadlil Muhammad-J1A020052-Skripsi-2025.pdf Download (215kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Hanif Fadlil Muhammad-J1A020052-Skripsi-2025.pdf Download (232kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Hanif Fadlil Muhammad-J1A020052-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
Abstract
Studi ini meneliti trauma psikologis yang dialami oleh protagonis, Ellie, dalam video game tahun 2020 The Last of Us Part II (2020), yang dibuat oleh Naughty Dog. Penelitian ini meneliti konsekuensi emosional dan psikologis dari momen momen penting dalam plot game menggunakan psikologi dalam teori sastra. Trauma Ellie terutama dipicu oleh pembunuhan kejam terhadap figur ayahnya, Joel, yang memicu siklus kesedihan, obsesi, dan pembalasan. Saat ia melakukan pencarian kekerasan untuk membalas dendam, Ellie mengalami tekanan fisik dan emosional yang signifikan, yang mengakibatkan gejala-gejala yang menunjukkan gangguan stres pascatrauma (PTSD), seperti kilas balik, desensitisasi emosional, hiperwaspada, dan isolasi sosial. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: Ada tiga alasan Ellie sebagai karakter utama mengalami trauma yaitu tanpa ayah, paparan kekerasan, dan objek signifikan yang terkait dengan trauma. Secara keseluruhan, penelitian ini menekankan bahwa The Last of Us Part II (2020) beroperasi sebagai permainan video yang berfokus pada narasi dan karya sastra, yang secara efektif merangkum konsekuensi emosional dan psikologis trauma melalui karakter, simbolisme, dan struktur.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | J25282 |
| Uncontrolled Keywords: | alasan, trauma psikologis, trauma, video game, The Last of Us Part II |
| Subjects: | C > C181 Characters |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Inggris |
| Depositing User: | Mr Hanif Fadlil Muhammad |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 10:59 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 10:59 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/38183 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
