KINAYA, Anindya Marsa Puspita (2025) The Social Identity Formation of PUBG’s Mobile Players in PUBG Discord Community. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Anindya Marsa Puspita Kinaya-J1A021039-Skripsi-2025.pdf Download (128kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Anindya Marsa Puspita Kinaya-J1A021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (842kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Anindya Marsa Puspita Kinaya-J1A021039-Skripsi-2025.pdf Download (218kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-Anindya Marsa Puspita Kinaya-J1A021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 24 November 2026. Download (179kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-Anindya Marsa Puspita Kinaya-J1A021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 24 November 2026. Download (179kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-Anindya Marsa Puspita Kinaya-J1A021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 24 November 2026. Download (197kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Anindya Marsa Puspita Kinaya-J1A021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-Anindya Marsa Puspita Kinaya-J1A021039-Skripsi-2025.pdf Download (164kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Anindya Marsa Puspita Kinaya-J1A021039-Skripsi-2025.pdf Download (230kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Anindya Marsa Puspita Kinaya-J1A021039-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (864kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji pembentukan identitas sosial pada pemain PUBG Mobile dalam komunitas Discord PUBG dengan berlandaskan Social Identity Theory dari Tajfel dan Turner, yang memberikan kerangka komprehensif untuk menelaah fenomena tersebut. Sebagian besar penelitian sebelumnya berfokus pada MMORPG, sehingga studi ini berkontribusi pada kesenjangan tersebut dengan menyoroti permainan battle royale dan ruang digital yang terkait. Dengan menggunakan metode kualitatif melalui wawancara mendalam dan observasi, penelitian ini membahas bagaimana pemain membangun dinamika identitas mereka melalui tiga tahapan, yaitu kategorisasi sosial, identifikasi sosial, dan perbandingan sosial. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perkembangan identitas tidak hanya dipengaruhi oleh interaksi di dalam gim, tetapi juga oleh nilai-nilai budaya regional seperti rasa hormat, kerja sama, dan harmoni, serta gaya bermain yang diadopsi oleh komunitas. Humor, penggunaan bahasa, dan ekspresi budaya yang khas berfungsi sebagai batas simbolis yang membedakan kelompok regional dari kelompok lain dan menjadi penanda identitas kelompok yang memperkuat ikatan antaranggota. Berdasarkan hasil penelitian, komunitas Discord PUBG dapat dipandang sebagai “ruang ketiga” di mana interaksi digital sehari-hari memberikan kebanggaan budaya, saling menghormati, dan identitas bersama. Dengan demikian, penerapan Social Identity Theory dalam konteks permainan yang multikultural diperluas melalui studi ini dan memberikan kontribusi pada kajian akademik mengenai budaya digital dan identitas daring.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | J25296 |
| Uncontrolled Keywords: | Social Identity Theory, Discord, PUBG Mobile, Identitas Kultural, Komunitas Daring |
| Subjects: | C > C648 Community life C > C679 Computer games P > P425 Popular culture |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Inggris |
| Depositing User: | Mrs. Anindya Marsa Puspita Kinaya |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 03:21 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 03:21 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/38398 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
