RIYANTI, Riyanti (2025) Teacher’s Perceptions on the Implementation of Pop-Up Book as a Learning Media to Learn Writing “Narrative Text” for Senior High School Students (A Descriptive-Qualitative Research on the 11th Grade English Teacher in SMA Negeri 4 Purwokerto in the Academic Year Of 2025/2026). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1. COVER_RIYANTI_J1E019053_THESIS 2025.pdf Download (246kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS_RIYANTI_J1E019053_THESIS 2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK_RIYANTI_J1E019053_THESIS 2025.pdf Download (231kB) |
|
|
PDF (BabI)
4. BAB I_RIYANTI_J1E019053_THESIS 2025.pdf Restricted to Repository staff only until 25 November 2026. Download (222kB) |
|
|
PDF (BabII)
5. BAB II_RIYANTI_J1E019053_THESIS 2025.pdf Restricted to Repository staff only until 25 November 2026. Download (373kB) |
|
|
PDF (BabIII)
6. BAB III_RIYANTI_J1E019053_THESIS 2025.pdf Restricted to Repository staff only until 25 November 2026. Download (202kB) |
|
|
PDF (BabIV)
7. BAB IV_RIYANTI_J1E019053_THESIS 2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
|
|
PDF (BabV)
8. BAB V_RIYANTI_J1E019053_THESIS 2025.pdf Download (169kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA_RIYANTI_J1E019053_THESIS 2025.pdf Download (240kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN_RIYANTI_J1E019053_THESIS 2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas persepsi guru sekolah menengah atas mengenai penerapan Pop-Up Book sebagai media pembelajaran inovatif untuk pengajaran menulis teks naratif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi implementasi dan persepsi guru mengenai penggunaan media ini pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Purwokerto. Studi ini didasarkan pada Pendekatan Menulis Proses (Process Writing Approach) untuk analisis pedagogis, dan memanfaatkan Analisis Tematik (Braun & Clarke) untuk menginterpretasikan data kualitatif. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui tiga observasi kelas dan wawancara mendalam dengan guru Bahasa Inggris, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Korelasi temuan menunjukkan bahwa implementasi Pop-Up Book dilakukan melalui tahapan project-based learning yang mencakup perencanaan, drafting, dan pembuatan produk 3D (RQ1). Melalui implementasi ini, Pop-Up Book dipersepsikan membantu siswa memahami tahapan menulis dan struktur naratif inti. Selain itu, guru berpendapat bahwa sifat visual dan interaktif media ini mendukung peningkatan minat dan kreativitas siswa (RQ2). Secara keseluruhan, guru menilai Pop-Up Book sangat membantu, relevan, dan tepat untuk mendukung instruksi menulis naratif di tingkat SMA.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | J25279 |
| Uncontrolled Keywords: | Buku Pop-Up, Menulis, Persepsi Guru, Text Narrative |
| Subjects: | S > S774 Study and teaching T > T62 Technical writing |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Mrs. RIYANTI RIYANTI |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 01:18 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 01:18 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/38405 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
