Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di SD Negeri Kedondong Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas

KURNIAWAN, Hikmal Fikri (2025) Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di SD Negeri Kedondong Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Hikmal Fikri Kurniawan-F1B021034-Skripsi-2025.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Hikmal Fikri Kurniawan-F1B021034-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Hikmal Fikri Kurniawan-F1B021034-Skripsi-2025.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Hikmal Fikri Kurniawan-F1B021034-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 December 2026.

Download (244kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Hikmal Fikri Kurniawan-F1B021034-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 December 2026.

Download (471kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Hikmal Fikri Kurniawan-F1B021034-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 December 2026.

Download (116kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Hikmal Fikri Kurniawan-F1B021034-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Hikmal Fikri Kurniawan-F1B021034-Skripsi-2025.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Hikmal Fikri Kurniawan-F1B021034-Skripsi-2025.pdf

Download (276kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Hikmal Fikri Kurniawan-F1B021034-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)

Abstract

Perlindungan anak di lingkungan pendidikan masih menjadi tantangan besar di Indonesia. Sebagai respon, pemerintah menerbitkan Permen PPPA Nomor 8 Tahun 2014 tentang Sekolah Ramah Anak (SRA) untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, sehat, inklusif, dan menjamin terpenuhinya hak anak. SD Negeri Kedondong di Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, menjadi objek penelitian karena telah melaksanakan seluruh tahapan SRA (Mau, Mampu, dan Maju) serta menunjukkan komitmen kuat terhadap pembentukan budaya sekolah yang ramah anak. Meski demikian, pelaksanaan program ini masih menghadapi kendala seperti koordinasi lintas instansi yang belum optimal, keterbatasan sarana prasarana, dan pemahaman guru yang belum merata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk memahami dinamika pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak di SD Negeri Kedondong. Analisis mengacu pada Model Implementasi Kebijakan Ripley dan Franklin yang menyoroti keterlibatan aktor, kejelasan tujuan, kerumitan program, partisipasi lintas unit pemerintahan, serta faktor eksternal. Informan dipilih melalui purposive dan snowball sampling, dengan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan secara interaktif menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana, sedangkan keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Program Sekolah Ramah Anak di SD Negeri Kedondong pada dasarnya telah berjalan cukup baik melalui keterlibatan aktor internal sekolah serta dukungan insidental dari OPD terkait. Penerapan nilai-nilai ramah anak dan integrasi program seperti PJAS mencerminkan adanya upaya nyata untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan sehat. Namun, implementasi belum optimal karena masih terdapat hambatan seperti koordinasi lintas OPD yang belum terstruktur, keterbatasan SDM dan anggaran, belum meratanya pemahaman guru terhadap tujuan SRA, tidak tersedianya pendamping bagi siswa berkebutuhan khusus, serta fasilitas ramah disabilitas yang belum memadai. Selain itu, faktor eksternal seperti budaya disiplin konvensional, anggapan bahwa SRA hanyalah formalitas, dan rendahnya dukungan sistemik turut memengaruhi efektivitas program. Secara keseluruhan, pelaksanaan Program SRA menunjukkan komitmen menuju sekolah yang aman, inklusif, dan berkarakter, namun masih memerlukan penguatan kelembagaan, dukungan pendanaan, peningkatan kapasitas guru, serta pendampingan berkelanjutan agar tujuan Program Sekolah Ramah Anak tercapai secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F25440
Uncontrolled Keywords: Sekolah Ramah Anak, Implementasi Kebijakan, Perlindungan Anak
Subjects: C > C281 Childrens
S > S104 Schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mr. Hikmal Fikri Kurniawan
Date Deposited: 11 Dec 2025 07:16
Last Modified: 11 Dec 2025 07:16
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/38618

Actions (login required)

View Item View Item