Pengaruh kompetensi wirausaha terhadap kinerja pemasaran umkm manisan carica (carica pubescens) di Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara

BRILLIANITA, Putri (2017) Pengaruh kompetensi wirausaha terhadap kinerja pemasaran umkm manisan carica (carica pubescens) di Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)

Abstract

Manisan carica berpotensi dikembangkan menjadi komoditas andalan dengan nilai ekonomi tinggi tetapi dalam pemasarannya mayoritas pemilik UMKM terfokuskan hanya di kawasan wisata Dieng. Hal itu dikarenakan pemilik usaha takut dalam mengambil risiko, contohnya saja rusaknya produk ketika dalam perjalanan, sehingga muncul ketakutan produk akan kembali yang berakibat mengalami kerugian. Suatu industri dikatakan berhasil dalam usahanya selain dilihat dari laba dibutuhkan pula adanya kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui besarnya biaya, penerimaan dan pendapatan, (2) mengetahui kompetensi wirausaha serta (3) mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2016 pada 25 UMKM di kawasan wisata Dieng, Kecamatan Batur dengan menggunakan metode studi kasus. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive). Metode analisis yang digunakan adalah analisis biaya, penerimaan dan pendapatan, analisis R/C usaha dan titik impas, serta analisis regresi berganda. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Besarnya biaya produksi usaha manisan carica di Kecamatan Batur pada bulan September 2016 yang dikeluarkan adalah Rp59.377.459,00, besarnya penerimaan yang diperoleh Rp107.636.764,00, dan pendapatan yang diperoleh sebesar Rp48.259.305,00. Nilai R/C usaha yang diperoleh sebesar 1,81 sedangkan Break Even Point (BEP) penerimaan usaha manisan carica sebesar Rp10.601.708,00 berada di bawah penerimaan yang didapatkan, hasil tersebut membuktikan bahwa usaha manisan carica di Kecamatan Batur sudah menguntungkan dan layak untuk diusahakan. (2) Kompetensi wirausaha UMKM manisan carica di Kecamatan Batur yang digambarkan oleh keterampilan teknis berada dalam kategori tinggi, kemampuan mengambil keputusan berada dikategori rendah, sedangkan kemampuan mengelola pasar dan keuangan, kemampuan mengambil resiko, kemampuan personal serta kemampuan memimpin berada dalam kategori sedang. (3) Secara keseluruhan terdapat pengaruh nyata antara variabel kompetensi wirausaha terhadap kinerja pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A17079
Uncontrolled Keywords: wirausaha,kinerja pemasaran ,UMKM
Subjects: M > M80 Marketing
P > P142 Performance
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 23 Oct 2018 01:51
Last Modified: 21 Dec 2021 04:07
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/404

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year