Pemanfaatan Benda Sitaan Negara dan Barang Rampasan Negara Hasil Tindak Pidana Korupsi (Studi di Kejaksaan Negeri Kota Bekasi)

KURNIAH, Ika (2017) Pemanfaatan Benda Sitaan Negara dan Barang Rampasan Negara Hasil Tindak Pidana Korupsi (Studi di Kejaksaan Negeri Kota Bekasi). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan adalah sebagai salah satu proses atau cara yang dilakukan oleh para instansi atau penegak hukum lainnya dalam halnya memanfaatkan benda sitaan dan barangrampasan yang menjadi benda hasil sitaannya agar dapat dipergunakan dengan baik. Namun dalam hal perawatan terhadap benda sitaan dan barang rampasan tidak memenuhi standar, adapula aparat penegak hukum yang memakai bahkan menjual benda-benda hasil sitaan tersebut. Dalam hal ini terdapat kurangnya pengoptimalisasian terhadap benda sitaan dan barangrampasan negara, sehingga berdampak pada pemulihan aset. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengelolaan benda sitaan negara dan barang rampasan negara hasil tindakpidana korupsi telah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dan mengetahui manfaat benda sitaan negara dan barang rampasan negara hasil tindak pidana korupsi di Kejaksaan Negeri Kota Bekasi. Metode yang digunakan yaitu yuridis sosiologis dengan spesifikasi deskriptif analitis untuk menguraikan secara analitis terhadap permasalahan yang dihadapi, dan hasil wawancara dari pihak-pihak yang bersangkutan maupun peraturan-peraturan yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan benda sitaan negara dan barang rampasan negara di Kejaksaan Negeri Kota Bekasi belum sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, karena terdapat faktor yang mempengaruhi didalamnya. Faktor yang paling utama pada proses pengelolaan tersebut adalah faktor sarana atau fasilitas. Selain itu, pemanfaatan benda sitaan negara dan barang rampasannegara di Kejaksaan Negeri Kota Bekasi dilakukan dengan cara penyimpanan dan pelelangan. Di Kejaksaan Negeri Kota Bekasi tidak mendapatkan anggaran dari negara, sehingga dalam hal ini sangat menghambat proses pengelolaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E17344
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Benda Sitaan, Kejaksaan
Subjects: E > E470 Executions and executioners
W > W123 White collar crimes
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 26 Nov 2018 03:55
Last Modified: 26 Aug 2020 01:39
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/430

Actions (login required)

View Item View Item