Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, dan Struktur Kepemilikan Perusahaan Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur sektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016)

SULISTIA, Apip (2018) Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, dan Struktur Kepemilikan Perusahaan Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur sektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (436kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (BabI)
BabI_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] PDF (BabII)
BabII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] PDF (BabIV)
BabIV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] PDF (BabV)
BabV_1.pdf

Download (130kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf

Download (380kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility, ukuran perusahaan, dan struktur kepemilikan perusahaan terhadap agresivitas pajak pada perusahaan manufaktur sektor Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016. Populasi dalam penelitian ini adalah 14 perusahaan manufatur sektor Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik purposive sampling digunakan dalam penelitian ini dengan jumlah 11 perusahaan manufatur sektor Food and Beverage periode 2013-2016. Data penelitian berupa data sekunder yang diperoleh dengan menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak perusahaan manufaktur sektor Food and Beverage. Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak perusahaan manufaktur sektor Food and Beverage. Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak perusahaan manufaktur sektor Food and Beverage. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa corporate social responsibility berpengaruh negatif dan ukuran perusahaan berpengaruh positif, sedangkan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Implikasi penelitian ini adalah dapat dilihat dengan adanya pengungkapan corporate social responsibility secara baik maka tingkat agresivitas pajakpun akan semakin berkurang. Dan ukuran perusahaan yang semakin besar membuat tingkat agresivitas pajak menjadi lebih tinggi, sedangkan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak disebabkan karena kepemilikan manajerial di Indonesia rata-rata kepemilikan manajerialnya sangat kecil yaitu sekitar di bawah 5% kepemilikan manajerial lebih kecil dibandingkan investor lain sehingga tidak bisa mengambil keputusan yang di ambil oleh top level manajemen dalam perusahaan untuk melakukan agresivitas pajak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C18002
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, Agresivitas Pajak.
Subjects: I > I61 Income tax
S > S446 Social responsibility of business
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 15 Jul 2020 08:03
Last Modified: 15 Jul 2020 08:03
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4472

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year