Dampak sosial ekonomi penggunaan hand tractor pada usahatani padi dan buruh tani di Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara

WENINGTYAS, Swasti Maharani (2017) Dampak sosial ekonomi penggunaan hand tractor pada usahatani padi dan buruh tani di Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAb I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (BabII)
BAb II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (BabIII)
BAb III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (BabIV)
BAb IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (BabV)
BAb V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar pustaka_1.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Konversi lahan pertanian dan ketersediaan tenaga kerja di bidang pertanian yang terbatas menjadi tantangan bagi para pengambil kebijakan untuk dapat terus memenuhi kebutuhan konsumsi penduduk. Mekanisasi pertanian dinilai mampu mengatasi permasalahan tersebut namun di lain sisi penerapan mekanisasi pertanian harus diselaraskan dengan kondisi wilayah maupun sosial ekonomi masyarakat. Evaluasi terhadap kebijakan penggunaan mekanisasi pertanian perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis perbedaan pendapatan usahatani padi pengguna hand tractor dan non pengguna hand tractor di Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara. (2) Menganalisis perbedaan hari kerja buruh tani dan dampak sosial ekonomi bagi buruh tani dengan adanya penggunaan hand tractor pada usahatani padi di Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara. Dampak ekonomi dalam penelitian ini merupakan penurunan pendapatan akibat penurunan hari kerja buruh tani, sedangkan dampak sosial dapat berupa protes buruh tani atas penolakan penggunaan hand tractor. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara pada Januari hingga Februari 2016. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode survei yaitu penyelidikan yang diadakan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada dan mencari keterangan-keterangan secara faktual baik tentang institusi sosial, ekonomi atau politik dari suatu kelompok ataupun suatu daerah (Nazir, 2011). Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu (Sugiyono, 2012). Jumlah responden sebanyak 101 petani, terdiri atas 93 petani pengguna hand tractor dan 8 petani bukan pengguna hand tractor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pendapatan rata-rata usahatani pengguna hand tractor lebih besar dari pendapatan rata-rata usahatani non pengguna hand tractor. Hal ini dibuktikan melalui uji-t. (2) Terdapat dampak sosial bagi buruh tani yang bekerja di wilayah pengguna hand tractor, dampak sosial tersebut merupakan dampak lanjutan dari pendapatan buruh tani yang menurun akibat adanya pengunaan hand tractor, dampak sosial yang ditemukan yaitu adanya protes buruh tani dikarenakan hari kerja mereka berkurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A17044
Subjects: A > A128 Agricultural
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mr Rohmadi Rohmadi
Date Deposited: 24 Oct 2018 08:51
Last Modified: 13 Jan 2020 08:18
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/452

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year