AWALIYAH, Fatikhatul (2018) Pengaruh Minat Belajar, Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah (MA) Al-Hidayah 1 Purwareja Klampok. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (142kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (140kB) |
|
PDF (BabI)
BabI_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
|
PDF (BabII)
BabII_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
|
PDF (BabIII)
BabIII_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
PDF (BabIV)
BabIV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
|
PDF (BabV)
BabV_1.pdf Download (94kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf Download (156kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian survei kepada seluruh siswa di MA AlHidayah 1 Purwareja Klampok yang mengikuti mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini mengambil judul : “Pengaruh Minat Belajar, Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah (MA) AlHidayah 1 Purwareja Klampok”. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk menganalisis pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa MA AlHidayah 1 Purwareja Klampok. (2) Untuk menganalisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa MA Al-Hidayah 1 Purwareja Klampok. (3) Untuk menganalisis pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa MA Al-Hidayah 1 Purwareja Klampok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI IPS dan XII IPS MA Al-Hidayah 1 Purwareja Klampok dengan jumlah populasi sebanyak 137 siswa. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 113 responden. Purposive sampling digunakan dalam penentuan responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis instrumen penelitian meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas dan autokorelasi, analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa : (1) Minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. (2) Lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. (3) Fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Implikasi dari kesimpulan tersebut yaitu pihak sekolah menyediakan fasilitas belajar yang memadai bagi siswa supaya proses belajar mengajar dapat lebih baik. Bagi orang tua siswa hendaknya memberikan lingkungan belajar yang kondusif, sehingga siswa dapat berkonsentrasi dalam belajar. Bagi siswa meningkatkan minat dalam belajarnya dengan cara lebih giat belajar sehingga prestasi belajar meningkat. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya untuk menambahkan beberapa variabel selain minat belajar, lingkungan keluarga dan fasilitas belajar yang dapat mempengaruhi prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C18119 |
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Lingkungan Keluarga, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | A > A19 Academic achievement |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Endang Kasworini |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 01:21 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 01:21 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4640 |
Actions (login required)
View Item |