Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP N 4 Purwokerto

MINTARI, Yulinda Siska (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP N 4 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (BabI)
BabI_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (BabII)
BabII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] PDF (BabIV)
BabIV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] PDF (BabV)
BabV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP N 4 Purwokerto”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP N 4 Purwokerto melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VII B SMP N 4 Purwokerto. Terdapat 17 siswa (46,88%) dari 32 siswa yang belum tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas 66,65. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif siklus I mencapai 74,72 meningkat pada siklus II mencapai 81,47. Hasil belajar ranah kognitif yang meningkat dapat juga dibuktikan dengan hasil uji beda paired sample t-test yaitu Z hitung data awal dengan siklus I sebesar -2,74 dan Z hitung siklus I dengan siklus II sebesar -2,79. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, kemudian terdapat peningkatan rata-rata nilai siswa pada siklus I dengan siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar ranah kognitif pada siklus I sebesar 71,87% meningkat pada siklus II sebesar 87,5%. Persentase hasil belajar ranah afektif pada siklus I sebesar 72,85% meningkat pada siklus II menjadi 86,43%. Persentase hasil belajar ranah psikomotor pada siklus I sebesar 72,54% meningkat pada siklus II menjadi 79,91%. Implikasi dari penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar IPS siswa kelas VII B SMP N 4 Purwokerto. Siswa sudah mulai antusias mengikuti pembelajaran, aktif bertanya, berpendapat dan saling membantu teman dalam rangka pemahaman materi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT selain dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif, juga dapat meningkatkan hasil belajar ranah afektif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C18156
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Teams Games Tournament (TGT)
Subjects: C > C843 Cooperative learning
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 30 Jul 2020 04:37
Last Modified: 23 Nov 2021 02:34
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4690

Actions (login required)

View Item View Item