Pengaruh Sistem Full Day School, Efikasi Diri, Kemandirian Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa ( Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 4 Purwokerto)

SARASINGTIAS, Dena Gusti (2018) Pengaruh Sistem Full Day School, Efikasi Diri, Kemandirian Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa ( Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 4 Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (BabI)
BabI_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (BabII)
BabII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (BabIV)
BabIV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] PDF (BabV)
BabV_1.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DafatarPustaka_1.pdf

Download (200kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Sistem Full Day School, Efikasi Diri, Kemandirian Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 4 Purwokerto”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dana menganalisis pengaruh sistem full day school, efikasi diri, kemandirian belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Purwokerto yang berjumlah 143 siswa. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini yaitu sebanyak 105 siswa menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu propotional simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan teknik analisis data dengan menggunakan analisi jalur menunjukkan bahwa: 1) Sistem full day school berpengaruh positi terhadap prestasi belajar siswa 2) Efikasi diri berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa 3) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa 4) Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Implikasi dalam penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu sekolah dan guru sebaiknya terus berupaya untuk menerapkan sistem belajar mengajar yang tepat dalam menciptakan kemandirian belajar siswa. Bagi siswa sebaiknya meningkatkan keyakinan diri agar mampu mengontrol sikap dan perilakunya dalam menghadapi situasi dan kondisi lingkungan sekitar. Bagi orang tua sebaiknya memberikan dukungan secara materiil sesuai dengan kebutuhan siswa. Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menambahkan variabel-variabel bebas lainnya serta mengembangkan model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C18205
Uncontrolled Keywords: Sistem Full Day School, Efikasi Diri, Kemandirian Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: A > A19 Academic achievement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 05 Aug 2020 02:44
Last Modified: 05 Aug 2020 02:44
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4745

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year