HANANDITIAWAN, RILO (2018) Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Xiaomi Dengan Citra Merek dan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada Konsumen Xiaomi di Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (392kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (296kB) |
|
PDF (BabI)
BabI_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
|
PDF (BabII)
BabII_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
|
PDF (BabIII)
BabIII_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) |
|
PDF (BabIV)
BabIV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (825kB) |
|
PDF (BabV)
BabV_1.pdf Download (15kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf Download (241kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli produk smartphone Xiaomi dengan brand image dan brand trust sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone Xiaomi. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 110 sampel. Pengukuran variabel dalam penelitian ini dilakukan menggunakan skala Likert’s dan uji hipotesis menggunakan Structural Equational Modelling (SEM) yang diolah dengan aplikasi AMOS 21.0. Dari gambaran umum responden ditemukan bahwa sebagian besar pengguna smartphone xiaomi di Purwokerto di dominasi oleh usia muda dan dengan status sebagai pelajar atau mahasiswa. Mayoritas membeli xiaomi dari media online dan memilih merek xiaomi dengan alasan harganya yang sesuai dengan fitur produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap citra merek, (2) Electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap kepercayaan merek, (3) Citra merek tidak berpengaruh positif terhadap minat beli, (4) Kepercayaan merek berpengaruh positif terhadap minat beli, (5) Electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap minat beli, (6) Citra merek tidak memediasi hubungan kausal antara electronic word of mouth terhadap minat beli, (7) Kepercayaan merek memediasi hubungan kausal antra electronic word of mouth terhadap minat beli. EWOM merupakan faktor yang berpengaruh pada minat beli smartphone Xiaomi. EWOM yang positif akan membangun sebuah persepsi yang positif juga dan akan meningkatkan minat beli itu sendiri. Melihat eWOM menjadi strategi utama bagi Xiaomi dalam memasarkan produknya akan lebih baik apabila Xiaomi mempertahankan eWOM positif yang ada. Membuka outlet resmi xiaomi juga menjadi salah satu media untuk mempromosikan produknya di masyarakat dan meningkatkan rasa aman bagi konsumen. Dengan rasa aman yang lebih maka kepercayaan pada merek Xiaomi akan menigkat sehingga diharapkan pada ahirnya akan meningkat juga minat beli smartphone Xiaomi. Untuk meningkatkan citra merek di mata konsumenya Xiaomi harus lebih banyak menigkatkan promosi secara langsung di berbagai media.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C18298 |
Uncontrolled Keywords: | Electronic Word of Mouth, Citra Merek, Kepercayaan Merek, Minat Beli |
Subjects: | M > M567 Motivation Psychology P > P668 Purchasing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Mrs Endang Kasworini |
Date Deposited: | 12 Aug 2020 03:20 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 03:20 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4863 |
Actions (login required)
View Item |