Pengaruh pemberian berbagai macam pupuk organik cair terhadap pertumbuhan dan hasil tiga Varietas melon (cucumis melo l.)

LESTARI, Rina (2017) Pengaruh pemberian berbagai macam pupuk organik cair terhadap pertumbuhan dan hasil tiga Varietas melon (cucumis melo l.). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar pustaka_1.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tanaman melon (Cucumis melo L.) merupakan tanaman buah yang memiliki nilai komersial tinggi dan banyak diminati oleh masyarakat baik dalam bentuk buah segar maupun olahan serta memiliki kandungan gizi yang cukup baik. Seiring dengan pertumbuhan penduduk, permintaan buah melon akan meningkat setiap tahunnya sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan produksi. Peningkatan produksi buah melon terkendala oleh penggunaan varietas dan menurunnya kualitas tanah akibat penggunaan pupuk kimia yang berlebihan. Pupuk organik cair merupakan salah satu solusi untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia yang berlebih karena dapat memperbaiki kualitas tanah dan ramah lingkungan serta penggunaan melon varietas unggul dalam budidaya diharapkan dapat meningkatkan produksi melon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) varietas yang memberikan respon terbaik pada pemberian pupuk organik cair, 2) jenis pupuk organik cair yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman melon, 3) kombinasi perlakuan yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman melon. Penelitian dilaksanakan di lahan yang berlokasi di Desa Somagede, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas dengan ketinggian tempat ± 200 m di atas permukaan laut. Penelitian dilaksanakan dari bulan Juli sampai Oktober 2016. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan dua faktor. Faktor pertama, tiga varietas melon yaitu Silver Light, Aramis, dan Glamour. Faktor kedua, tiga jenis pupuk organik cair D.I. Grow, Organox, dan NASA serta tanpa pupuk organik cair (kontrol). Variabel yang diamati adalah panjang tanaman, jumlah daun, luas daun, kandungan klorofil, jumlah bunga, jumlah bunga rontok, bobot buah, diameter buah, dan kemanisan. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji F pada taraf kesalahan 5%. Apabila berpengaruh nyata dilanjutkan dengan uji DMRT (Duncan’s Multiple Range Test) pada taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa varietas yang memberikan respon terbaik adalah melon varietas Glamour (V3) dengan panjang tanaman 236,38 cm, kandungan klorofil 50,88 unit, jumlah bunga 33,33 bunga, jumlah bunga rontok 7,58 bunga, bobot buah 1,46 kg, dan diameter buah 14,61 cm. Perlakuan pupuk organik cair tidak meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman melon apabila dibandingkan dengan kontrol. Kombinasi antara varietas dan pupuk organik cair tidak meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman melon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A17056
Subjects: A > A128 Agricultural
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mr Rohmadi Rohmadi
Date Deposited: 29 Oct 2018 02:10
Last Modified: 14 Jan 2020 04:29
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year