NGAFIFAH, Ismi (2018) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak.pdf Download (43kB) |
|
PDF (BabI)
BabI.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
|
PDF (BabII)
BabII.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
PDF (BabIII)
BabIII.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
|
PDF (BabIV)
babIV.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) |
|
PDF (BabV)
BabV.pdf Download (97kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf Download (263kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (781kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 1 SMA Ya BAKII Kesugihan Cilacap dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Ya BAKII Kesugihan Cilacap yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 1 SMA Ya BAKII Kesugihan Cilacap dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan pada pra tindakan nilai rata-rata kelas adalah 48,29 dengan jumlah siswa yang mampu mencapai KKM atau tuntas sebanyak 1 siswa, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 33 siswa, dan ketuntasan belajar siswa sebesar 2,94%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 56,67 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 21 siswa, dan ketuntasan belajar siswa sebesar 38,24%. Kenaikan dari pra tindakan ke siklus I untuk nilai rata-rata kelas sebesar 17,35%, sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa sebesar 35,30%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 79,22 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 9 siswa, dan ketuntasan belajar siswa sebesar 73,53%. Kenaikan dari siklus I ke siklus II untuk nilai rata-rata kelas sebesar 39,79%, sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa sebesar 35,29%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C18322 |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Snowball Throwing, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | A > A19 Academic achievement S > S774 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Endang Kasworini |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 03:21 |
Last Modified: | 08 Jan 2021 09:08 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4907 |
Actions (login required)
View Item |