Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi

NGAFIFAH, Ismi (2018) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (BabI)
BabI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (BabII)
BabII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] PDF (BabIV)
babIV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] PDF (BabV)
BabV.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf

Download (263kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 1 SMA Ya BAKII Kesugihan Cilacap dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Ya BAKII Kesugihan Cilacap yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 1 SMA Ya BAKII Kesugihan Cilacap dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan pada pra tindakan nilai rata-rata kelas adalah 48,29 dengan jumlah siswa yang mampu mencapai KKM atau tuntas sebanyak 1 siswa, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 33 siswa, dan ketuntasan belajar siswa sebesar 2,94%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 56,67 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 21 siswa, dan ketuntasan belajar siswa sebesar 38,24%. Kenaikan dari pra tindakan ke siklus I untuk nilai rata-rata kelas sebesar 17,35%, sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa sebesar 35,30%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 79,22 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 9 siswa, dan ketuntasan belajar siswa sebesar 73,53%. Kenaikan dari siklus I ke siklus II untuk nilai rata-rata kelas sebesar 39,79%, sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa sebesar 35,29%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C18322
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Snowball Throwing, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: A > A19 Academic achievement
S > S774 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 13 Aug 2020 03:21
Last Modified: 08 Jan 2021 09:08
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4907

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year