SOFIANA, Fatika Hardining (2020) Konsep Diri Religiusitas Mahasiswa Beragama Islam di Unsoed (Studi Kasus Mahasiswa yang Aktif dalam UKM UKI FISIP). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Fatika Hardining Sofiana-F1C016024-Skripsi-2020.pdf Download (419kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fatika Hardining Sofiana-F1C016024-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (846kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fatika-Hardining-Sofiana-F1C016024-Skripsi-2020.pdf Download (677kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Fatika-Hardining-Sofiana-F1C016024-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Fatika Hardining Sofiana-F1C016024-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Fatika Hardining Sofiana-F1C016024-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (759kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Fatika-Hardining-Sofiana-F1C016024-Skripsi-2020_1-compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Fatika-Hardining-Sofiana-F1C016024-Skripsi-2020_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fatika Hardining Sofiana-F1C016024-Skripsi-2020.pdf Download (602kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fatika Hardining Sofiana-F1C016024-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (610kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mahasiswa sebagai salah satu kelompok sosial yaitu berada pada usia 19-30 tahun yang cenderung memiliki minat ketertarikan dalam beragama dikarenakan mahasiswa mengalami berbagai proses pemikiran verbal atau proses intelektual yang berkaitan dengan penciptanya. Oleh karena itu peneliti ingin menganalisis keberagaman konsep diri religiusitas mahasiswa beragama Islam yang aktif dalam UKM UKI FISIP. Dengan beragamnya identitas mahasiswa yang beragama Islam membuat UKM UKI menarik untuk diteliti, karena masing-masing individu memiliki konsep diri religiusitas yang berbeda-beda walaupun memiliki basis agama yang sama yaitu agama Islam. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis bagaimana konsep diri religiusitas mahasiswa beragama Islam yang aktif dalam UKM UKI FISIP, (2) akankah UKM UKI FISIP mempengaruhi keberagaman konsep diri religiusitas mahasiswa dengan latar belakang yang berbeda pada tiap individu. Metode yang digunakan yaitu paradigma konstruktivis. Peneliti menggunakan paradigma konstruktivis karena berupaya menganalisis konsep diri religiusitas pada mahasiswa beragama Islam yang aktif dalam UKM UKI FISIP Unsoed melalui pengamatan interaksi religiusitas yang terjadi di UKM tersebut di dalamnya yang terdapat keberagaman konsep diri religiusitasnya. Peneliti menggambarkan konsep diri anggota UKM UKI FISIP menggunakan teori konsep diri. Berdasarkan analisis keseluruhan wawancara, observasi dan dokumentasi, yang di analisis menggunakan metode analisis data Miles dan Huberman, ditemukan (1) Para informan bebas mendalami mazhabnya masing-masing, oleh karena itu dalam UKM UKI FISIP terdapat keberagaman identitas muslim. (2) informan memang memiliki batasan tertentu untuk berinteraksi antara laki-laki dan perempuan sesuai dengan ajaran agama Islam. (3) informan cenderung memiliki perilaku yang sama seperti membatasi interaksi dengan mahasiswa yang bukan anggota UKM UKI FISIP (terutama antar perempuan dan laki-laki), sulit untuk bersosialisasi, lalu cenderung anak yang introvert. (4) erada dalam satu lingkungan yang sama, membuat konsep diri religiusitas informan turut berkembang melalui pengalaman-pengalaman religiusitas yang diperoleh dari interaksi dengan lingkungannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F20152 |
Subjects: | I > I318 Islamic fundamentalism R > R182 Religion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Fatika Hardining Sofiana |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 04:48 |
Last Modified: | 13 Aug 2020 04:48 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4926 |
Actions (login required)
View Item |