Tindak Pidana Persetubuhan dengan Pembujukan terhadap Anak (Tinjauan Yuridis terhadap Putusan Pengadilan Negeri Purwokerto Nomor : 61/PID.SUS/2015/PN. PWT.)

IRSYAD, Maulana (2017) Tindak Pidana Persetubuhan dengan Pembujukan terhadap Anak (Tinjauan Yuridis terhadap Putusan Pengadilan Negeri Purwokerto Nomor : 61/PID.SUS/2015/PN. PWT.). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab i_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar pustaka_1.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)

Abstract

Perbuatan yang sifatnya membangkitkan gairah seksual bagi korban dapat diartikan sebagai bentuk upaya membujuk. Membujuk sama halnya dengan merayu yaitu menyenangkan hati, menyedapkan hati, baik dengan kata-kata maupun gerakan tubuh sehingga orang tersebut mau menuruti keingannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan unsur-unsur tindak pidana persetubuhan dengan pembujukan terhadap anak dan untuk mengetahui dasar pertimbangan hukum Hakim Pengadilan Negeri Purwokerto dalammenjatuhkan pidana dalam perkara No. : 61/Pid.Sus/2015/PN. Pwt. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan yuridis normatif. Spesifikasi Penelitian deskriptif analisis, Sumber Data sekunder meliputi peraturan perundang-undangan yang berlaku, literatur, hasil penelitianyang berhubungan dengan pokok permasalahan serta Putusan Pengadilan NegeriPurwokerto Nomor 61/Pid.Sus/2015/PN. Pwt. Pengumpulan data dengan studi kepustakaan, disajikan dalam bentuk uraian dan dianalisis dengan metode normatif kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan: Penerapan unsure unsure tindak pidana persetubuhan dengan pembujukan terhadap anak dalam putusan Pengadilan Negeri Purwokerto Nomor : 61/Pid.Sus/2015/PN. Pwt.Majelis Hakim telah memperimbangkan perbuatan terdakwa sebagaimana diaturdan diancam pidana dalam Pasal 81 ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun2002 tentang Perlindungan Anak. Berdasarkan fakta hukum yang terungkap dipersidangan diketahui bahwa semua unsur-unsur dalam pasal tersebut di atas telah terpenuhi, dengan demikian maka dapat dikemukakan bahwa terdakwa adalah orang yang harus dimintai pertanggungjawaban pidana dalam perkara ini karenatelah dengan sengaja membujuk anak melakukan persetubuhan dengannya, dan diketahui bahwa korban masih anak-anak. Dasar pertimbangan hukum Hakim Pengadilan Negeri Purwokerto dalam menjatuhkan pidana pada perkara Nomor : 61/Pid.Sus/2015/PN. Pwt.Majelis Hakim memperoleh keyakinan bahwa terdakwa telah terbukti secara sahdan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana didakwakan Penuntut Umum dalam dakwaan kesatu, hal tersebut didasarkan pada keterangansaksi, keterangan ahli, surat dan keterangan terdakwa, dikaitkan dengan barang bukti ternyata antara yang satu dengan yang lain saling berhubungan. Dari fakta hukum tersebut oleh Majelis Hakim telah dijadikan sebagai dasar pertimbangan untuk penjatuhan pidana terhadap terdakwa sebagaimana diatur dalam Pasal 184ayat (1) KUHAP, dan telah mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan dan meringankan terdakwa. Terdakwa dipidana penjara selama : 5 (Lima) tahun dan pidana denda sebesar Rp.60.000.000,- (Enam puluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila Terdakwa tidak mampu membayar denda tersebut dapat diganti dengan pidana kurungan selama 3 (Tiga) bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E17358
Uncontrolled Keywords: Persetubuhan dengan Pembujukan
Subjects: C > C251 Child sexual abuse
J > J102 Juvenile courts
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 26 Nov 2018 07:33
Last Modified: 28 Aug 2020 01:48
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year