Perlindungan Hukum terhadap Konsumen Gas LPG yang Tidak Sesuai dengan Berat Bersih, Isi Bersih atau Netto dan Jumlah Hitungan Sebagaimana yang Dinyatakan dalam Label atau Etiket Barang Berdasarkan Undang Undang Nomor 8 Tahun1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam Putusan Nomor 1456/Pid.B/2013/Pn.Bks.

FAUZI, Fikri (2017) Perlindungan Hukum terhadap Konsumen Gas LPG yang Tidak Sesuai dengan Berat Bersih, Isi Bersih atau Netto dan Jumlah Hitungan Sebagaimana yang Dinyatakan dalam Label atau Etiket Barang Berdasarkan Undang Undang Nomor 8 Tahun1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam Putusan Nomor 1456/Pid.B/2013/Pn.Bks. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Tingginya jumlah kebutuhan sehari-hari masyarakat atau konsumen dalam memenuhi kebutuhan pokok primer seperti makanan, wajib menggunakan tabunggas LPG sebagai media pendukung yang praktis untuk kebutuhan sehari-hari, tingginya kebutuhan masyarakat dalam menggunakan Tabung Gas LPG untuk keperluan sehari-hari membuat pelaku usaha perlu menggunakan strategi untuk menyediakan stok barang untuk dijual dan dibeli oleh Masyarakat. pelaku usaha melakukan segala upaya untuk mempertahankan konsumennya dalam persainganusaha yang semakin ketat ini dan hanya untuk mementingkan keuntungan semata..Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana perlindungan hokum terhadap konsumen pengguna tabung gas LPG berdasarkan Undang-UndangNomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan yuridisnormatif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa buku-bukuliteratur, peraturan perundang-undangan, dokumen resmi dan situs-situs internet dengan cara studi pustaka, yaitu dengan menginventarisasi data-datatersebut yang kemudian disajikan dalam bentuk uraian sistematis. Data-datayang diperoleh dianalisis dan dijabarkan berdasarkan norma hukum yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Frans Parulian dan Omanpamungkas terbukti menyuruh melakukan dan membantu melakukan pengisian gas LPG tidak sesuai dengan berat bersih, isi bersih atau netto dan jumlah hitungan sebagaimana yang dinyatakan dalam label atau etiket barang tersebut dan tidak sesuai dengan ukuran, takaran, timbangan dan jumlah dalam hitungan menurut ukuran yang sebenarnya Hakim menjatuhkan pidana penjara kepada Frans Parulian dengan pidana penjara 2 (dua) tahun dan 6 (enam) bulan kemudian untukOman Pamungkas dijatuhi pidana penjara 1 (satu) tahun dan 3 (tiga) bulan sesuaidengan Pasal 62 ayat (1) jo Pasal 8 ayat (1) huruf b dan huruf c UU No.8 tahun1999 tentang Perlindungan Konsumen jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHPidana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E17359
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Konsumen, LPG yang tidak sesuai berat bersih
Subjects: C > C611 Commercial law
C > C792 Consumer protection
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 26 Nov 2018 07:40
Last Modified: 28 Aug 2020 01:51
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year