Peranan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dalam Menyelesaikan Sengketa Konsumen Pada Putusan Nomor 293/Pdt.G/Bpsk/2014/PN.Bks

ZAHRA, Nadya Amani (2017) Peranan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dalam Menyelesaikan Sengketa Konsumen Pada Putusan Nomor 293/Pdt.G/Bpsk/2014/PN.Bks. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Legalitas)
Scan Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (98kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai peranan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Provinsi DKI Jakarta dalam menyelesaikan sengketa konsumen di Pengadilan Negeri Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dalam menyelesaikan sengketa konsumen berdasarkan studi putusan Nomor 293/PDT.G/BPSK/2014/PN.BKS. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis normatif, spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode pengumpulan data studi kepustakaan yang disajikan melalui teks naratif menggunakan analisis data normatif kualitatif berupa teori-teori hukum dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BPSK DKI Jakarta telah menjalankan peranannya mengingat konsep peranan yang merupakan aspek dinamika kedudukan (status) yang melahirkan hak dan kewajiban, seperti pada contoh kasus dalam penelitian ini yang menunjukkan bahwa BPSK DKI Jakarta telah berperan sebagai mediator dalam penyelesaian sengketa dengan cara arbitrase. Penyelesaian sengketa tersebut dibuktikan dengan dimulainya konsumen menggugat pelaku usaha hingga diputusnya putusan BPSK yang mengikat para pihak. Dalam hal ini hendaknya pelaku usaha memahami apa yang menjadi kewajiban yang harus dilakukan khususnya mengenai pengembalian atau penggantian barang apabila pelaku usaha tidak dapat menyediakan barang dan/atau jasa yang dibutuhkan konsumen ketika telah terjadi transaksi pembayaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E17255
Subjects: C > C744 Conflict management
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mr Fathu Rahman Rosyidi
Date Deposited: 31 Aug 2020 04:33
Last Modified: 31 Aug 2020 04:33
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/5213

Actions (login required)

View Item View Item